Wiranto Beri Sinyal Bakal Ada Revisi UU ITE

0
6



Merdeka.com – Menko Polhukam Wiranto mengatakan masalah yang dihadapi Indonesia terkait media sosial sebenarnya juga dialami oleh negara lain. Salah satu kendalanya karena tak ada regulasi yang diperbarui untuk mengatur ini.

“Kecepatan teknologi ini, terutama komunikasi medsos tidak diimbangi oleh kecepatan regulasi untuk mengatur itu. Itu problemnya,” kata Wiranto di kantornya, Jakarta, Kamis (13/6).

Dia pun menyiratkan akan ada revisi Undang-Undang ITE untuk mengatasi masalah di medsos. Terutama untuk hoaks, ujaran kebencian dan lainnya.

“Tatkala regulasi ini tidak lagi bisa menampung kegiatan yang sangat cepat tadi itu. Ya jalan satu-satunya kita bisa perbaiki regulasi kita, UU ITE,” jelas Wiranto.

Namun, dia menyadari, melakukan revisi itu tak mudah dan membutuhkan waktu. “Tetapi kan enggak bisa secepat membuat makanan. Ini kan membuat undang-undang,” jelas Wiranto.

Karenanya, salah satu yang bisa dilakukan hari ini, adalah meminta masyarakat tak mudah menerima informasi. Apalagi informasi hoaks.

“Sambil kita juga melakukan langkah-langkah takedown. Juga memberikan hukuman sejauh bisa masuk dalam UU ITE. Jadi enggak usah diributkan apabila melakukan tindakan tegas bagi pelanggar UU ITE,” katanya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber: Liputan6.com [eko]





Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini