Wapres JK tekankan pentingnya penguasaan ekonomi syariah – Politik Terkini

0
7


Jakarta (-) – Wakil Presiden Jusuf Kalla menekankan pentingnya penguasaan ekonomi syariah supaya kualitas pengusaha Muslim dapat semakin maju, sehingga perekonomian di Indonesia dapat berkembang lebih baik dan adil.

“Penguasaan ekonomi hanya bisa terjadi apabila pengusaha-pengusaha Muslim itu maju dengan baik, karena kalau pengusaha kurang maka ekonomi syariah tidak bisa jalan,” kata Wapres dalam sambutannya di Perayaan Milad ke-44 Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Sabtu.

Untuk memajukan sistem perekonomian syariah tentu banyak tantangannya, oleh karenanya MUI harus ikut turut serta dengan menerapkan kebijakan yang mendukung ekonomi syariah.

Salah satunya ialah MUI diharapkan untuk tidak mempersulit pemberian label halal dalam industri barang dan jasa, khususnya produk makanan dan minuman, sehingga tidak perlu ada pertentangan selama memegang prinsip bahwa yang halal pasti syariah.

“Pandangan muamalah sederhana, selama tidak haram ya dia halal, selama dia halal ya dia syar’i, kan begitu ya. Jadi kita tidak perlu mempersulit benar ekonomi syariah juga sebenarnya,” jelas JK di hadapan pengurus MUI.

MUI sebagai lembaga yang dipercaya dalam pemberian label halal juga diharapkan dapat mendorong usaha kecil dan menengah sehingga cita-cita ekonomi yang adil bisa terwujud, lanjut JK.

“Kemajuan itu juga harus adil, keadilan kalau tidak diusahakan maka nanti akan timpang. Apa pun yang kita bicarakan tentang keadilan ekonomi tapi kalau kita tidak bergerak di bidang ekonomi, maka ketidakadilan akan timbul,” ujar Wapres.

JK: pengangkatan guru honorer harus selektif

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © – 2019





Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini