UU Terorisme Disahkan, Yasonna : Kami Akan Menyusun Perpres

0
14

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Foto: MI/Irfan

JAKARTA, TERKINI.COMRevisi undang-undang antiterorisme akan disahkan dalam rapat paripurna DPR. Usai disahkan, pemerintah segera merusmuskan pembentukan Peraturan Presiden (Perpres) yang mengatur pelibatan TNI dalam penanganan aksi teror.
“UU sudah dapat digunakan oleh aparat penegak hukum. Lanjutannya kami akan menyusun Perpres tentang pelibatan TNI,” kata Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly di kompleks Parlemen Senayan, Kamis malam 24 Mei 2018.
Menkumham akan memprakarsai dan mendorong Presiden Joko Widodo menerbitkan Perpres. Mekanisme penyusunan Perpres itu melibatkan pemangku kepentingan terkait seperti TNI, Polri dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).
“Semua tim pemerintah akan kita undang untuk merumuskannya dengan baik,” ujarnya.
Pelibatan TNI dalam aksi teror kata Yasonna adalah keputusan politik Presiden Joko Widodo. Maka perlu Perpres yang mengatur mekanisme operasionalisasi TNI dalam operasi militer selain perang (OMSP) ini.
“Kita rumuskan dengan baik. Karena nanti itu ada gradasinya melibatkan TNI tidak dalam perang,” pungkasnya.
Rapat kerja Pansus Revisi UU Antiterorisme bersama pemerintah menyepakati alternatif kedua definisi terorisme. DPR dan pemerintah pun sepakat revisi UU Antiterorisme dibawa ke pembahasan tingkat 2 rapat paripurna.

(FZN/MetroTV)




 

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini