Tokoh Google Doodle Hari Ini

0
8

JAKARTA, TERKINI.COM- Google Doodle hari ini menampilkan ahli kimia asal Denmark, Soren Peder Lauritz Sorensen. Ia dikenal sebagai peneliti yang memperkenalkan skala pH, metode menguji keasaman atau alkalinitas pada suatu zat kepada dunia.

Sorensen lahir di Denmark pada 9 Januari 1868, dan merupakan putra dari seorang petani. Berikut ini fakta mengenai Sorensen, seperti dilansir situs Independent, Selasa 29 Mei 2018:

Hampir Jadi Dokter


Ia melanjutkan pendidikannya di Universitas Copenhagen. Awalnya, Sorensen ingin berkarir di bidang kedokteran.
Menjadi murid ahli kimia terkenal saat itu, SM Jorgensen lah yang membuat Sorensen berubah pikiran dan mengubah karirnya ke bidang kimia.
Pernah Jadi Konsultan
Selama bersekolah, Sorensen berusaha memenuhi kebutuhannya dengan mencari uang tambahan dari bekerja. Saat menempuh gelar doktornya, ia pernah bekerja sebagai asisten bidang kimia di Laboratorium Institut Politeknik Denmark, dan juga menjadi asisten untuk survei geologi.
Laboratorium Pembuatan Bir


Laboratorium
Sorensen juga pernah menjadi Direktur Departemen Kimia di Laboratorium Carlsberg selama 27 tahun. Laboratorium ini dimiliki seorang pendiri pembuatan bir Carlsberg, JC Jacobsen.
Skala pH
Pekerjaan paling terkemuka milik Sorensen adalah penemuannya pada skala pH. Ia mengembangkan skala pH ini pada tahun 1909. Skala ini digunakan untuk menjelaskan tingkat keasaman dan alkalinitas yang ada di suatu zat.
Dibantu Sang Istri
Sorensen menikah untuk kedua kalinya dengan seorang peneliti bernama Margrethe Hoyrup Sorensen. Mereka berdua bekerja di Laboratorium Carlsberg.
Pasangan tersebut meneliti lipoprotein, karbon monoksida serta hemoglobin. Pada 1917, mereka menjadi orang pertama yang berhasil menngkristalkan putih telur selama penelitian. (Independent/Google/Viva)


 

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini