TNI-Polri pantau pergerakan KKSB ke wilayah Tembagapura – Politik Terkini

0
7


Timika (-) – Aparat gabungan TNI dan Polri terus memantau pergerakan anggota Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) dari wilayah Ilaga, Kabupaten Puncak menuju Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika.

Komandan Kodim 1710 Mimika Letkol Inf Pio L Nainggolan kepada – di Timika, Jumat, mengatakan berdasarkan informasi yang diterima diketahui ada pergerakan sekelompok orang memasuki Mile 50-60 ruas jalan poros yang menghubungkan Timika menuju Tembagapura.

“Yang kita ketahui sampai dengan saat ini orang-orang itu non bersenjata. Kita tidak tahu pasti jumlahnya berapa banyak,” kata Letkol Nainggolan.

Baca juga: Pelaku penembakan TNI AD di Nduga diduga kelompok Egianus Kogoya

Laporan tersebut diperkuat dengan adanya eksodus para pendulang emas tradisional yang selama ini beroperasi di Kali Kabur, sekitar Mile 50-60 ke Timika.

“Ada banyak pendulang yang sudah keluar dari sana. Dugaan kita, kelompok ini ada di sekitaran Mile 50-60,” jelasnya.

Baca juga: Patroli TNI di serang KKB di Nduga, 2 anggota Yonif 751/VJS terluka

Meski begitu, Dandim berharap pelaksanaan upacara memperingati Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-74 RI di seluruh wilayah Mimika, termasuk di Tembagapura tetap berlangsung aman tanpa adanya gangguan dari KKSB.

Pada Jumat petang, satu kompi pasukan Brimob perbantuan dari Polda NTT telah bergerak dari Timika ke Tembagapura untuk mempertebal jumlah pasukan TNI dan Polri di wilayah pertambangan PT Freeport Indonesia itu.

Saat ini pengamanan area tambang Freeport terutama di wilayah Tembagapura dijaga oleh 900-an pasukan yang tergabung dalam Satgas Amole ditambah empat kompi pasukan yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi.

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto mengatakan penambahan personel pengamanan di wilayah Tembagapura dalam rangka mengamankan wilayah itu pada saat perayaan 17 Agustus 2019.

Apalagi perayaan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di wilayah Tembagapura pada Sabtu nanti akan dipimpin langsung oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignatius Jonan.

“Kami sudah menyiagakan pasukan baik di wilayah dataran tinggi maupun wilayah dataran rendah untuk bisa mengantisipasi adanya isu-isu yang berkembang belakangan ini,” kata AKBP Agung.

Kapolres mengapresiasi kunjungan kerja Menteri ESDM Ignatius Jonan ke wilayah Kabupaten Mimika pada Jumat pagi untuk menghadiri upacara HUT RI bersama karyawan PT Freeport Indonesia di Tembagapura.

“Terima kasih kepada Pak Menteri ESDM yang sudah datang jauh-jauh ke Mimika. Ini membuktikan bahwa situasi Mimika relatif aman dan kondusif,” ujar AKBP Agung.

Polri buru anggota KKSB penembak Brigadir Haedar

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © – 2019





Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini