Tak Kantongi Izin Tangkap Ikan di Perairan NTT, 2 Nelayan NTB Ditangkap Polisi – Nasional Terkini

0
9



Terkini.com – Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Nusa Tenggara Timur, mengamankan dua nelayan asal Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, karena menangkap Lobster di laut Timor, tanpa mengantongi Surat Izin Penangkapan Ikan (Sipi).

Kedua tersangka ini masing-masing berinisial S yang menggunakan kapal motor GT 19 bernama pengembara dan B menggunakan kapal motor GT 12 bernama Yulianti.

Saat diamankan, petugas menyita enam ton Lobster, dengan nilai jual di pasaran mencapai dua ratus juta rupiah. Dari hasil pemeriksaan, kedua nelayan ini mengaku sudah sering mengambil hasil laut di perairan Nusa Tenggara Timur.

“Dua nelayan asal ini melakukan penangkapan Lobster di perairan Nusa Tenggara Timur tanpa surat izin, sehingga patroli langsung mengamankan mereka,” kata Kasi Tindak Subudit Gakkum Ditpolairud Polda NTT, AKP Andy Rahmat, Sabtu (7/9).

Kedua pelaku dijerat pasal 29 ayat (1) juni, pasal 27 ayat (1) UU nomor 45 tahun 2019 tentang perubahan atau UU nomor 31 tahun 2004 tentang perikanan, dengan ancaman hukuman enam tahun penjara dan denda 2 miliar rupiah.

“Untuk barang bukti Lobster enam ratus kilogram kami sudah lakukan lelang dan nilainya seratus dua belas juta. Alasan dilelang karena tidak bisa disimpan lama, kalau mau disimpan harus di alat yang bagus dan alatnya sangat mahal,” ujar Andy. [gil]





Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini