Sumber Daya LIPI Kian Terbuka Digunakan Bersama

0
6



Jakarta:  Kepala LIPI Laksana Tri Handoko memiliki sejumlah program prioritas yang ditargetkan selesai dalam waktu dekat.  Selain reorganisasi, ia akan meningkatkan peran LIPI sebagai penyedia infrastruktur yang dapat digunakan semua pihak, sehingga akan terbangun kolaborasi riset yang alami di Indonesia.

Handoko mengatakan, ada program jangka pendek yang harus diselesaikan setelah tampuk pimpinan LIPI dipercayakan padanya.  Yakni membenahi manajemen riset internal LIPI agar dapat sesuai dengan standar global.  “Reorganisasi ini harus selesai dalam waktu dekat, sebelum Agustus 2018” kata Handoko, usai pelantikan di Auditorium Gedung LIPI Pusat, Jakarta, Kamis, 31 Mei 2018.

Baru setelah itu peningkatan kualitas SDM, termasuk melakukan  rekrutmen diaspora, dan  meningkatkan kolaborasi dengan semua mitra LIPI.  Handoko mengakui, terbukanya Infrastruktur LIPI untuk digunakan bersama sebenarnya sudah dimulai sebagian sejak tiga tahun lalu.

“Kami akan lebih membuka semua infrastruktur di LIPI agar bisa dipakai semua orang, tidak hanya alat, tapi juga orangnya, sehingga kolaborasi dapat terbangun secara alami,” ungkap Handoko.

Ia berharap seluruh infrastruktur dan sumberdaya LIPI tidak hanya dipakai orang LIPI saja.   Namun mendorong adanya interaksi dengan pihak kampus, mahasiswa dan industri.

Handoko juga akan mempercepat peningkatan kapasitas dan kompetensi riset melalui peningkatan kualifikasi sumber daya manusia (SDM).  Handoko juga menjanjikan perekrutan diaspora secara masif dan kolaborasi dengan mitra dari dalam dan luar negeri.

“InsyaAllah dimulai pada pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini,” terangnya.

Ke depan, LIPI harus menjadi tempat bagi para diaspora untuk berkiprah sesuai bidangnya masing-masing.  “Salah satu yang paling utama itu LIPI ingin menjadi tempat untuk berkiprah bagi para diaspora sesuai dengan bidangnya. LIPI kan ada semua bidang,” ujarnya.

Saat ini, kata Handoko, LIPI secara umum tetap fokus mengembangkan riset berbasis hayati.  “Karena itu kekayaan Kita, tapi ke depan kami juga akan mengembangkan riset berbasis teknologi, apalagi ini era revolusi industri 4.0,” ujarnya.

Ilmuwan sekaligus peneliti fisika berprestasi Indonesia, Dr. Laksana Tri Handoko terpilih dan dilantik menjadi Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang baru.  Handoko menggantikan Plt. Kepala LIPI, Prof. Dr. Bambang Subiyanto, M.Agr.

 
(CEU)





Sumber

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini