Sulut dan Malut Diguncang Gempa 7 Skala Richter Berpotensi Tsunami

0
11

MANADO, TERKINI.COM- Gempa kembali terjadi dengan kekuatan 7.0 skala richter (SR) pada lokasi 0.54 Lintang Utara (LU). 126.19 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 49 km.

BMKG mengeluarkan Peringatan potensi tsunami yang dapat melanda sejumlah daerah pesisir diantaranya SIAGA : Kota Bitung , WASPADA : Ternate, Halmahera, Manado, Minahasa Bagian Selatan dan Minahasa Bagian Utara.

Siaga berarti potensi tsunami hingga 3 m. Waspada memiliki arti potensi tsunami hingga 0.5m.

Kepala Pelaksana BPBD Sulawesi Utara Joy Oroh melaporkan warga berhamburan keluar rumah saat gempa dan dilaporkan pula terjadi kepanikan warga masyarakat dengan terbitnya peringatan tsunami dari BMKG untuk menyelamatkan diri ke lokasi yang lebih tinggi.

Hasil pengamatan tim BPBD Kabupaten /Kota tidak ada peningkatan ombak di Pulau Siau, Kota Manado dan Kota Bitung.

Hingga berita dipublis, belum diketahui ada tidaknya korban dan kerusakan akibat gempa tersebut. Pihak BPBD setempat masih melakukan asesmen di lapangan.

Sedangkan pengamatan di Maluku Utara belum didapatkan karena komunikasi via telepon dengan BPBD belum terhubung.

Bambang Surya Putra, Plh Direktur Kesiapsiagaan BNPB menyampaikan, BMKG telah menerbitkan Peringatan Dini Tsunami ke-4. Artinya Peringatan potensi tsunami telah diakhiri pada pukul 00.09WIB.

Ia juga menghimbau masyarakat di Sulawesi Utara dan Maluku Utara untuk tetap tenang dan dapat kembali kerumah masing-masing. (Marwan Azis)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini