Solusi Semua Masalah Bangsa Ada di Pancasila

0
13



Jakarta: Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di DPR Jazuli Juwaini meminta masyarakat memaknai kembali nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Nilai-nilai itu adalah jawaban atas segala permasalahan bangsa saat ini.

Jazuli menyebut banyak tantangan dan ancaman yang dihadap bangsa saat ini. Mulai dari dekadensi moral, budaya liberal tanpa batas, terorisme dan radikalisme, hoaks dan ujaran kebencian, serta gesekan sesama anak bangsa.



“Itu semua mengancam persatuan, dan lain sebagainya. Dan solusi dari semua itu ada pada Pancasila, jika kita mau kembali menghayati dan mengamalkannya secara konsekuen,” kata Jazuli kepada wartawan, Jumat, 1 Juni 2018. 

Anggota Komisi I ini mengajak warga untuk menjiwai Pancasila. Terlebih 1 Juni bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila. 

(Baca juga: Jokowi Ajak Masyarakat Perkokoh Semangat Bhinneka Tunggal Ika)

“Pancasila ini dasar negara kita yang menjadi identitas dan karakter bangsa Indonesia, yang harus terus kita jiwai dan praktikan dalam kehidupan bermasyarakat,” jelasnya. 

Menurut Jazuli, Pancasila sudah seharusnya diposisikan sebagai alat perekat persatuan. Juga sebagai platform bersama serta ideologi dalam berbangsa dan bernegara.

“Nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat harus dihayati dan dijiwai mengingat tantangan dan ancaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara semakin kompleks dan eksesif,” kata dia.

Ia menambahkan, salah satu cara yang efektif agar persatuan dapat terjaga adalah dengan menumbuhkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama. Apalagi di bulan penuh berkah ini kepedulian, lanjut dia, bukan saja mengokohkan persatuan, tapi sekaligus bernilai ibadah yang pahalanya berlipat ganda.

(REN)








Sumber

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini