Sekjen PDIP Sarankan Jokowi Susun Struktur Kabinet Sebelum Nama Menteri – Nasional Terkini

0
13



Terkini.com – Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyarankan Presiden Joko Widodo menyusun terlebih dahulu struktur kabinet sebelum berbicara nama-nama kandidat menteri. Menurutnya, kabinet bukan hanya manifestasi dari pemerintah, melainkan sebagai katalisator guna menggerakkan berbagai bidang.

“Kita harusnya berbicara tentang stuktur terlebih dahulu kita berbicara tentang bagaimana Menkonya, bagaimana mendorong investasinya. Apakah menteri investasi kemudian dijadikan dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal dan sebagainya,” jelas Hasto di Tugu Proklamasi, Jakarata Pusat, Sabtu (20/7).

Setelah struktur kabinet terbentuk, kata Hasto, baru berbicara soal nama-nama yang dianggap menempati pos menteri. “Ketika desainnya sudah clear, sudah sesuai dengan skala prioritas kebijakan Pak Jokowi, baru kita berbicara orang per orang,” jelas Hasto.

Dia membantah ada bagi-bagi kekuasaan di – partai-partai pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin. Partai koalisi memang berhak mengajukan nama kader untuk diplot menjadi menteri.

Namun, dia mengingatkan Presiden memiliki hak prerogatif untuk memilih menteri-menteri yang layak membantunya di kabinet.

“Tidak ada jatah-jatah menteri. Dengan pengertian itu hak prerogatif sepenuhnya. Partai boleh mengusulkan tetapi presiden yang punya kewenangan untuk mengambil keputusan terhadap siapa yang paling pas,” tegasnya.

Bagi Hasto, orang-orang yang ditunjuk sebagai menteri bukan lah orang sembarangan. Menteri seharusnya seseorang yang telah menguasai bidang yang didudukinya.

“Menteri bukan sosok yang berjuang demi kepentingan kelompoknya tetapi harus berkemajuan bagi Indonesia kita,” tutup Hasto.

Reporter: Yopi Makdori [ray]





Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini