Presiden Mesir Janjikan Lindungi Orang Miskin, Namun Bungkam Aksi Protes – Internasional Terkini

0
6



Presiden Mesir mengatakan, ia akan melindungi orang-orang miskin dan kelas menengah di Mesir yang terpukul hebat akibat kebijakan-kebijakan pengetatan ekonomi yang dilakukan pemerintah.

Pernyataan itu merupakan pernyataan terkait ekonomi yang pertama kali dikeluarkan Abdel-Fattah el-Sissi, menyusul protes anti pemerintah sebelumnya bulan ini yang sebagian diyakini akibat kesulitan ekonomi. Aksi protes itu sendiri memicu tindakan pengamanan pemerintah yang menyeluruh yang ditujukan untuk membungkam aksi-aksi lebih lanjut.

Dalam cuitannya di Twitter, Minggu malam (29/9), El-Sissi mengatakan, kebijakan-kebijakan untuk melindungi hak rakyat yang paling terdampak oleh pemangkasan subsisi sedang dipersiapkan. Namun ia tidak merinci lebih jauh.

Program reformasi ambisius El-Sissi, yang diluncurkan pada 2016, bertujuan untuk membangkitkan kembali ekonomi negara itu. Untuk menunjang program itu, pemerintah memangkas subsidi secara signifikan dan sengaja mengambangkan nilai mata uangnya.

Kebijakan-kebijakan pengetatan itu sangat memukul orang-orang miskin dan kelas menengah di Mesir. Biro Statistik Nasional Mesir melaporkan Juli lalu, satu dari tiga orang Mesir hidup dalam kemiskinan. [ab/uh]



Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini