Presiden Jokowi akan berikan kuliah umum di Sekolah Legislatif NasDem – Politik Terkini

0
17


Jadi, kenaikan signifikan pada kursi di Legislatif juga diimbangi dengan kualitas para legislator Partai NasDem.”

Jakarta (Terkini.com) – Presiden Joko Widodo direncanakan membuka Sekolah Legislatif Partai NasDem sekaligus memberikan kuliah umum bagi anggota DPR terpilih pada Selasa (16/7) di Kampus Akademi Bela Negara (ABN) Pancoran, Jakarta Selatan.

“Rencananya Sekolah Legislatif dibuka Presiden Joko Widodo yang sekaligus akan memberikan kuliah umum,” kata Kepala Sekolah Legislatif Partai NasDem, Nining Indra Shaleh dalam Konferensi Pers, di DPP Partai NasDem, Jakarta, Senin.

Baca juga: Partai NasDem gelar Sekolah Legislatif bagi anggota DPR

Baca juga: NasDem akan pecat Gubernur Kepri terkait OTT KPK

Baca juga: NasDem belum bahas menteri dengan Jokowi

Ia mengatakan, Sekolah Legislatif menunjukkan keseriusan partai besutan Surya Paloh itu dalam meningkatkan kualitas para legislator.

Dalam kontestasi Pemilu April 2019, perolehan kursi Partai NasDem di DPR bertambah 23 kursi, yaitu dari 36 kursi pada 2014 menjadi 59 kursi pada 2019 atau naik 63,88 persen.

Kenaikan perolehan kursi Partai NasDem 63,88 persen itu merupakan kenaikan yang tertinggi dibandingkan perolehan kursi partai papan atas lainnya.

Sebagai gambaran kursi PDIP bertambah 19 kursi (17,43 persen), Golkar berkurang 6 kursi (turun 6,59 persen), Gerindra bertambah 5 kursi (6,85 persen), dan PKB bertambah 11 kursi (18,96 persen).

Kenaikan perolehan kursi Partai NasDem yang tinggi itu berkat kenaikan perolehan suara dari 8,4 juta pada 2014 naik menjadi 12 juta, atau naik 3,6 juta suara (42,86 persen).

“Jadi, kenaikan signifikan pada kursi di Legislatif juga diimbangi dengan kualitas para legislator Partai NasDem,” ujar Nining.

Untuk angkatan pertama ini, hanya akan diikuti oleh 53 anggota DPR mengingat enam anggota DPR terpilih lainnya masih bersengketa.

Sementara untuk anggota DPRD provinsi, kabupaten dan kota secara bertahap akan mengikuti Sekolah Legislatif.

“Nanti ada tujuh angkatan bagi anggota DPRD provinsi, DPRD kabupaten dan DPRD kota yang dilakukan secara bertahap,” tuturnya.

Sekretaris Jenderal DPP Partai NasDem Johnny G Plate menambahkan keterwakilan kursi Partai NasDem di DPR RI juga diimbangi dengan keterwakilan legislator perempuan.

“Dari 59 kursi yang kami peroleh di DPR RI, sebanyak 19 kursi diisi oleh legislator perempuan,” kata Johnny.

Sekolah Legislatif Partai NasDem diikuti 350 orang, Terkini.com lain, anggota DPR terpilih, Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW), fungsionaris DPP, sayap partai dan peserta terseleksi.

Sekolah Legislatif 2019 membagi kurikulum menjadi pendidikan kedewanan sebesar 50 persen, kepartaian 20 persen, dan character building 30 persen.

Presiden gelar ratas percepatan pembangunan Jawa Timur

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © Terkini.com 2019





Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini