PPP Bantah Zulhas: Jadi Oposisi Bukan Berarti Tidak Berbakti Kepada Bangsa – Nasional Terkini

0
10



Terkini.com – Wasekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi menyebut oposisi tak kalah mulia dengan koalisi dalam membangun kepemerintahan Indonesia dalam lima tahun ke depan.

“Menjadi oposisi bukan berarti tidak berbakti kepada bangsa, justru oposisi dengan segala kapasitasnya memberikan kritik kepada pemerintah supaya sesuai konstitusi, supaya sesuai dengan kehendak rakyat juga, tidak kalah mulianya dengan berjuang di koalisi,” ujar Baidowi dalam diskusi Polemik, di Jakarta Pusat, Sabtu (20/7).

Baidowi menyatakan hal tersebut sekaligus menanggapi pernyataan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang menyebut sebaiknya tak ada oposisi dalam sistem demokrasi Pancasila. Menurut Baidowi, Zulhas berhak menyatakan hal tersebut.

“Itu hak PAN bicara begitu, hak Pak Zulkifli, tapi realitas demokrasi dimanapun itu selalu keniscayaan – yang oposisi maupun koalisi, tujuannya apa? agar demokrasi berjalan secara sehat, check and balance-nya jalan, gitu,” kata Baidowi.

Baidowi malah berpendapat jika Zulkifli Hasan menyatakan hal demikian lantaran ingin bergabung dengan pemerintahan Jokowi-Maruf Amin lima tahun ke depan.

“Kalau kemudian ternyata Pak Zulkifli ada keinginan untuk masuk koalisi ya silakan saja, asalkan bisa diterima oleh Pak Jokowi dan juga teman-teman koalisi,” kata dia.

Namun Baidowi mengingatkan, jika sebuah partai ingin bergabung dengan pemerintahan, maka harus secara total, tidak setengah-setengah.

“Siapa pun yang ada di koalisi, kami hanya mengingatkan koalisi ya koalisi yang beneran, artinya ketika bergabung dengan koalisi ya total. Kalau pun ada koreksi setiap kebijakan, ya dikoreksi bersama-sama, bukan seperti orang jalan, kaki kanannya di dalam, kaki kiri di luar, ini ambigu,” kata dia.

Reporter: Fachrur Rozie [rhm]





Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini