Burhanuddin Muhtadi : Capres Alternatif Belum Laku

0
25

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi memaparkan hasil survei saat rilis survei nasional di Jakarta. Foto: Antara/Hafidz Mubarak
Jakarta: Pengamat Politik Burhanuddin Muhtadi menilai saat ini figur calon presiden alternatif selain Joko Widodo dan Prabowo Subianto belum diminati masyarakat pemilih.

Ia mengatakan harus diakui bahwa Pilpres 2014 adalah pilpres paling kompetitif yang membuat masyarakat sulit move on dari kedua nama tersebut.
“Pilpres 2014 itu membentuk polarisasi sedemikian tajam. Bahkan ada dua kubu (Jokowi dan Prabowo) yang masih berlanjut sampai sekarang,” kata dia, dalam Primetime News, Jumat, 4 Mei 2018.
Menurut Burhan, polarisasi dua kubu ini seperti mendapatkan representasi tokohnya. Di satu sisi Jokowi dianggap mewakili pemilih yang pluralis progresif. Di sisi lain Prabowo dinilai mewakili kelompok yang relatif konservatif dan memegang nilai tradisi.
Situasi ini, kata Burhan, membuat calon presiden alternatif pada kontestasi Pilpres 2019 sulit muncul. Padahal menurut survei Indikator Politik Indonesia, Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono mengantongi nilai popularitas yang cukup tinggi.
“Tapi kedua nama itu tidak tinggi dalam elektabilitas. Bahkan sekalipun Prabowo tidak maju, belum tentu pemilih Prabowo mendukung calon presiden alternatif. Jadi suka tidak suka peta hari ini masih didominasi dua nama tersebut,” jelas dia.

(MEL)
Sumber




- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini