Peringatan Hari Serah Terima, Hong Kong Dilanda Protes

0
8



Demonstran anti-pemerintah di Hong Kong memblokir jalan-jalan utama Senin (1/7) pagi untuk membatasi akses ke upacara yang menandai hari jadi pengembalian kota itu ke China.

Pejabat-pejabat senior Hong Kong dan China daratan dijadwalkan menghadiri acara tahunan pengibaran bendera pada peringatan 22 tahun serah terima wilayah itu pada 1 Juli 1997.

Aktivis pro-demokrasi menyerukan pawai seperti yang mereka lakukan pada setiap ulang tahun. Tahun ini pawai diperkirakan lebih besar dari biasanya karena tentangan luas terhadap usul pemerintah yang akan memungkinkan tersangka kejahatan diekstradisi ke China daratan untuk menghadapi tuntutan.

Ini akan menjadi protes ketiga dalam tiga minggu terhadap rancangan undang-undang (RUU) ekstradisi tersebut.

Pemerintah telah menunda debat mengenai RUU itu tanpa batas waktu, dan membiarkannya mati. Tetapi pimpinan protes menginginkan RUU itu dicabut secara resmi. Mereka juga menuntut pemimpin Hong Kong Carrie Lam mengundurkan diri.

Pada Minggu, pendukung pemerintah mengadakan rapat umum pro-polisi. Polisi Hong Kong dikecam karena menggunakan gas air mata dan peluru karet dalam menumpas protes, menyebabkan puluhan orang terluka pada 12 Juni.[ka/ii]



Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini