Penangkapan Migran di Perbatasan AS Turun 30% pada Juni

0
6



Penangkapan migran di perbatasan selatan AS turun 30 persen pada Juni dibandingkan bulan sebelumnya, kata Meksiko, Selasa (2/7), setelah negara itu melakukan langkah pengendalian.

Hal itu sebagai bagian dari perjanjian dengan Amerika Serikat untuk menahan aliran migrasi atau menghadapi kemungkinan sanksi tarif perdagangan dari AS.

Mengutip data dari Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS, Kementerian Luar Negeri Meksiko mengatakan, sebanyak 100.037 migran ditangkap di perbatasan AS-Meksiko pada Juni, turun dari 144.278 migran pada Mei, termasuk orang-orang yang mendatangi pintu-pintu masuk migran dan dipertimbangkan untuk tidak diterima masuk ke AS.

“Upaya Meksiko untuk mengendalikan arus migran tampaknya telah mematahkan tren kenaikan,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Meksiko sepakat pada 7 Juni untuk mengurangi jumlah migran yang mencapai perbatasan AS dalam waktu 45 hari, setelah Presiden AS Donald Trump mengancam akan mengenakan tarif awal 5 persen untuk semua barang Meksiko jika arus migran tidak berkurang.

Di antara upaya-upaya itu, pada Juni lalu Meksiko mengerahkan ribuan Polisi militernya ke perbatasan selatan dan utara.[ps/pp]



Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini