Pemkot Solo Akan Tandai Bangunan Tak Penuhi Keselamatan Kebakaran – Nasional Terkini

0
8



Terkini.com – Pemerintah Kota Solo akan memasang penanda khusus pada bangunan yang dinilai tidak memenuhi keselamatan kebakaran. Pemasangan diprioritaskan untuk bangunan yang banyak populasinya. Seperti mal, pabrik, hotel, pasar tradisional gedung perkantoran dan lainnya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Gatot Sutanto mengatakan, pemasangan penanda tersebut sebagai salah satu sanksi atas tidak terpenuhinya standar proteksi kebakaran oleh pengelola bangunan.

“Kebijakan ini diatur dalam regulasi terbaru terkait antisipasi kebakaran, yakni Perda Nomor 8/2019 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran. Untuk pemasangannya memang tidak dilakukan terhadap semua bangunan,” katanya, Senin (9/9).

Sesuai Perda Nomor 8/2019, penanda yang akan dipasang nantinya berupa papan peringatan. Papan tersebut ditempatkan di titik-titik yang mudah dibaca orang yang melintas. Papan tersebut bertuliskan ‘bangunan ini tidak memenuhi keselamatan kebakaran’.

Gatot menjelaskan, papan peringatan tersebut juga mengatur publikasi bangunan yang dinyatakan tidak memenuhi persyaratan teknis pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran. Publikasi itu bisa dilakukan Pemkot melalui media massa.

Sebelum memberikan peringatan tersebut, dia mengatakan, ada tahapan-tahapan yang harus dilalui. Diantaranya pemeriksaan terhadap peralatan proteksi kebakaran, pemberian rekomendasi, sampai teguran lisan maupun tertulis.

“Untuk pemasangannya kami masih menunggu penerbitan peraturan wali kota (Perwali) sebagai derivasi atas Perda Nomor 8/2019,” jelasnya.

Kendati demikian, lanjut dia, secara berkala pihaknya selalu melakukan pemeriksaan terhadap bangunan atau gedung yang tergolong rawan kebakaran. Bangunan yang berpotensi tinggi tersebut – lain, SPBU yang dilakukan pengecekan setiap 6 bulan atau minimal setahun sekali. [fik]





Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini