PLN Ditawari 5 Wilayah Kerja Panas Bumi

0
8
Jakarta: Pemerintah akan memberikan kesempatan khusus kepada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) untuk mendapatkan penawaran pertama lelang Wilayah Kerja Panas (WKP) bumi yang akan dilelangkan di tahun ini. Setidaknya ada lima WK panas bumi yang dilelangkan.
Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana mengatakan, pemerintah akan memberikan penawaran langsung kepada PLN terlebih dahulu. Jika PLN tidak berminat, baru dibuka lelang untuk pengembang lainnya.
“Ada lima WKP yang dilelang setelah bicara dengan PLN. Mereka tertarik tidak. Kalau tidak baru kita lelangkan,” kata Rida Mulyana, saat ditemui di Hotel Sari Pan Pasific, Jakarta, Selasa, 8 Mei 2018.
Direktur Panas Bumi Ditjen EBTKE Ida Nuryatin Finahari menambahkan, jika PLN sebagai perusahaan milik negara hanya berminat sebagian WKP saja, nantinya sisanya akan dilelangkan secara umum.
“Yang kita buka penawarannya kan yang tadi bisa lelang umum dan bisa penugasan ke BUMN. Sebelum umum kita menawarkan dulu ke BUMN. Kalau mereka berminat akan diambil dan sisanya mungkin akan dilelang umum,” jelasnya.
Ketika ditanya apakah Pertamina mendapatkan penawaran khusus yang sama, Ida menuturkan, pemerintah baru menawarkan kepada PLN saja. Lima WKP tersebut adalah WKP Lainea 20 MW di Sulawesi Tenggara, WKP Wapsalit 5 MW di Maluku, WKP Sembalun 20 MW di Nusa Tenggara Timur, WKP Sumani 20 MW di Sumatera Barat, dan WKP Gunung Endut 40 MW di Banten.
“Ini yang kita tawarkan ke PLN,” pungkas Ida.(ABD)
Sumber
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini