Pembangunan SDM jadi prioritas sektor perikanan 2020-2025 – Ekonomi Terkini

0
12


Jakarta (-) – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan, kesejahteraan hingga pembangunan sumber daya manusia (SDM) selayaknya menjadi prioritas bagi pembangunan sektor kelautan dan perikanan pada tahun 2020-2025.

Dirjen Perikanan Tangkap KKP M Zulficar Mochtar dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu, menyatakan beberapa isu strategis bidang kelautan dan perikanan lima tahun ke depan yang akan dihadapi oleh pemerintah Indonesia – lain daya saing sumber daya manusia, inovasi teknologi dan riset, serta pengembangan sumber daya kelautan dan perikanan.

“Lima tahun ke depan, arah kebijakan di bidang kelautan dan perikanan adalah membangun kedaulatan yang mampu menopang kemandirian dalam pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan. Selain itu, kita akan menerapkan prinsip-prinsip pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan yang bertanggung jawab, berdaya saing, dan berkelanjutan,” kata Zulficar.

Semua itu, ujar dia, tidak akan tercapai tanpa SDM yang berkualitas. Maka, KKP akan mengoptimalkan pemanfaatan inovasi teknologi dan riset serta meningkatkan kualitas SDM kelautan dan perikanan agar tujuan pembangunan yang telah direncanakan dapat tercapai.

Sementara Kepala Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan KKP Sjarief Widjaja menyebutkan pentingnya meningkatkan SDM sektor kelautan dan perikanan nasional terutama juga karena saat ini Indonesia memasuki era pasar bebas di lingkup ASEAN atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

“Era ini menghadirkan persaingan yang sengit dan kompetitif antar negara-negara di Asia Tenggara dalam segala bidang. Untuk memenangkan persaingan tersebut, Indonesia harus memaksimalkan potensi sumber daya manusianya,” ucap Sjarief.

Baca juga: KKP ajak pelaku usaha sektor perikanan manfaatkan data riset

Baca juga: Komisi perikanan regional puji pendataan produksi tuna RI

KKP ajak pembudidaya ikan Jember tingkatkan pakan mandiri

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © – 2019





Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini