Pelindo IV target Kendari jadi pelabuhan bertaraf internasional – Ekonomi Terkini

0
8


Kendari (-) – PT Pelindo IV (Persero) cabang Kendari  menyiapkan berbagai fasilitas agar bisa menjadi pelabuhan bertaraf internasional atau internasional port.

General Manager PT Pelindo IV (Persero) cabang Kendari, Debby Duakaju di Kendari, Sabtu  mengatakan, berbagai fasilitas yang dipersiapkan untuk bisa menjadi pelabuhan yang bertaraf internasional  diantaranya pemenuhan alat bongkar muat serta program perpanjangan dermaga sepanjang 550 meter yang akan selesai 2021 mendatang.

Saat ini, lanjut Debby, Pelindo IV memiliki 1 unit Container Crane (CC), 2 unit Reach Stacker (RS), 1 unit Forklift 7 ton dan 10 terminal traktor.

“Selanjutnya, rencana awal bulan September 2019 ini akan datang 4 unit Recach Stacher, dan Desember akan bertambah 1 unit lagi Container Crane,” katanya.

Alat pengangkut kontainer (Reach Stacker) dioperasikan untuk memindahkan kontainer ke atas truk, di Pelabuhan PT Pelindo IV (Persero) cabang Kendari. (-/Harianto)


​​​​​​

Saat ini fasilitas PT Pelindo IV telah siap jika melakukan ekspor ke negara lain, lanjutnya, namun hal itu terkendala pada barang atau komoditinya.

“Sebenarnya untuk ekspor itu, kami sudah siap fasilitas, namun komoditinya itu yang penting, komoditi yang mau di ekspor itu oleh eksportirnya, fasilitas siap, tapi kalau tidak ada barang, apa yang mau di ekspor,” katanya.

Dia mengakui, kebanyakan pelaku bisnis mengirim ke Surabaya antar pulau, jadi dianggap barang domestik, Nanti setelah tiba di Surabaya diganti kontainernya baru di ekspor, jadi barangnya itu tercatat sebagai barangnya Surabaya.

Saat ini kapal pelayaran yang masuk melakukan bongkar muat kontainer di dermaga PT Pelindo IV – lain PT Meratus, PT Tanto, PT Sril, PT Samas, PT Mentari dan PT Spil. Dimana dalam waktu sebelum jumlah kontainer yang dibongkar muat berjumlah 8000 hingga 9000 box kontainer.

Baca juga: Pelabuhan Kendari Newport ditargetkan beroperasi 2019

Baca juga: Pelindo Kendari tingkatkan pelayanan penumpang di pelabuhan

Baca juga: Pemkot percepat pembangunan jalan menuju “Kendari Newport”

 

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © – 2019





Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini