Pelabuhan Makassar Siap Tampung Empat Ribu Pemudik

0
9



Makassar: PT Pelindo IV memastikan Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, siap menghadapi lonjakan penumpang selama masa mudik lebaran tahun 2018. Terminal yang rampung direnovasi sejak tahun lalu telah dilengkapi berbagai fasilitas untuk memastikan kenyamanan penumpang.

“Perluasan terminal memungkinkan untuk menampung kurang lebih 4.000 penumpang dalam watu waktu,” kata General Manager Pelindo IV Cabang Makassar Aris Tunru, melalui siaran pers yang diterima Jumat 1 Mei 2018.



Pelabuhan Makassar menampung penumpang pada gedung terminal utama Anging Mamiri. Gedung ini dilengkapi travelator atau lantai berjalan yang tersambung ke kapal melalui garbarata. Terminal juga terhubung dengan terminal khusus untuk pedagang kaki lima. 

Aris menyebutkan, pada terminal Anging Mammiri, terdapat kursi tunggu, ruang kesehatan, wifi, ruang menyusui. Juga tersedia fasilitas difabel, pengisi daya telepon, toilet, ruang salat, anjungan air siap minum, ruang membaca, dan ruang bermain anak.

“Petugas kebersihan yang berasal dari vendor profesional juga melakukan tugas bergiliran membersihkan selama 24 jam,” ujar Aris.

Pada terminal khusus PK5, Pelabuhan Makassar menyediakan loket Departure Control Sistem (DCS). Fasilitas ini memungkinkan penumpang mengecek kesesuaian tiket dengan kartu identitas yang dimiliki oleh calon penumpang. Dari sistem ini pula dapat ditentukan jumlah penumpang setiap kapal yang bersandar.

Humas Pelindo IV Makassar, Anna Mariani mengungkapkan, beragam fasilitas itu ditujukan bagi seluruh penumpang. Pada masa mudik tahun 2017, penumpang berjumlah 97.626 orang, dengan rincian penumpang naik 50.013 orang dan penumpang turun sebanyak 47.613 orang. Tidak menutup kemungkinan tahun ini angka itu meningkat.

Untuk menjamin keamanan,  Pelindo IV berkoordinasi dengan seluruh stakeholder Pelabuhan Makassar dengan membentuk posko lebaran efektif. Posko bakal diberlakukan antara H-15 sampai dengan H+15 Idulfitri.

“Jadi penumpang dapat memperoleh informasi secara lengkap di posko terpadu yang dibentuk atau kepada para petugas,” kata Anna.

Sistem keamanan pelabuhan, Anna menambahkan, telah dilengkapi pemasangan CCTV di 20 titik. Alat ini terhubung langsung dengan Kementerian Perhubungan di Jakarta dan Polres Pelabuhan Makassar.

“Ada juga X-Ray yang telah dipasang untuk membantu mendeteksi bilamana ada barang-barang bawaan penumpang yang mencurigakan,” ucapnya.

(ALB)





Sumber

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini