Pejabat Senior Korea Utara Dilaporkan Berangkat ke Amerika Serikat

0
8

JAKARTA, TERKINI.COM- Media di Korea Selatan melaporkan, seorang pejabat senior Korea Utara Kim Yong Chol telah berangkat menuju Amerika Serikat untuk membahas persiapan pertemuan puncak bersejarah antara Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Kantor Berita Yonhap memberitakan hari Selasa (29/5), nama Kim Yong Chol ada di daftar penumpang untuk penerbangan hari Selasa dari Beijing ke Washington. Yonhap kemudian melaporkan, Kim mengubah penerbangannya untuk pergi ke New York pada hari Rabu.
Kim Yong Chol memang terlihat di Bandara Beijing hari Selasa, kata kantor berita Associated Press (AP). Hingga kini kantor kepresidenan Korea Selatan tidak berkomentar soal laporan itu.
Kim Yong Chol adalah pejabat senior dan mantan kepala intelijen militer. Dia sekarang menjadi wakil ketua komite pusat partai yang berkuasa di Korea Utara, dengan tugas khusus hubungan antar Korea.
Persiapan di belakang layar
Tim diplomat Amerika Serikat yang terlibat dalam pembicaraan persiapan menjelang pertemuan puncak antara Donald Trump dan Kim Jong Un diberitakan telah meninggalkan sebuah hotel di Seoul, di tengah spekulasi bahwa mereka melanjutkan pembicaraan.
Tidak jelas, apakah para pejabat Amerika Serikat itu, Sung Kim, duta besar AS untuk Filipina, sedang menuju desa perbatasan antara Korea, di mana mereka bertemu dengan para pejabat Korea Utara hari Minggu lalu (27/5).
Presiden Donald Trump sebelumnya mengumumkan pembatalan pertemuan yang menurut rencana akan digelar 12 Juni di Singapura dengan alasan ada tanggapan-tanggapan Korea Utara yang bernada “bermusuhan”, namun tetap membuka kemungkinan pertemuan akan terlaksana. Sejak tu, kegiatan diplomatik di balik layar untuk mempersiapkan pertemuan tersebut terus berlanjut. Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in melakukan pertemuan spontan dengan Kim Jong Un hari Sabtu (26/5) untuk membahas kelanjutan rencana pertemuan itu.

Trump bertemu Shinzo Abe
Gedung Putih mengatakan, Presiden Donald Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berencana untuk bertemu sebelum pertemuan antara Trump dan pemimpin Korea Utara.
Gedung Putih mengatakan, Trump dan Abe berdiskusi, terutama untuk mencapai “perjanjian dengan Korea Utara yang lebih lengkap dan permanen tentang pembongkaran fasilitas senjata nuklir, kimia, dan biologi dan program rudal balistiknya.”
Masih belum jelas, apakah pertemuan puncak 12 Juni di Singapura akan terlaksana. GedungPutih menybutkan, pertemuan tersebut “diharapkan” dan tampaknya bisa berlanjut. Donald Trump mengatakan hari Minggu (27/5) bahwa tim AS berada di Korea Utara untuk mempersiapkan rencana itu. Sementara delegasi AS lainnya berada di Singapura untuk mempersiapkan logistik.

hp/yf (afp, rtr, ap/dw)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini