Pasar saham Australia ditutup melonjak didukung penurunan suku bunga – Ekonomi Terkini

0
14


Sektor energi berkinerja buruk menyusul jatuhnya harga minyak global.

Sydney (-) – Pasar saham Australia ditutup melonjak ke level yang lebih tinggi pada Selasa, menyusul berita pada tengah hari bahwa bank sentral Australia, Reserve Bank of Australia akan memangkas suku bunga acuan menjadi 0,75 persen.

Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 54,50 poin atau 0,81 persen menjadi 6.742,80, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas bertambah 52,40 poin atau 0,77 persen pada 6.853,00 poin.

Pasar secara luas memperkirakan pemotongan suku bunga datang setelah pukul 02.30 sore waktu setempat, sampai titik mana pasar Aussie datar.

Meskipun sebagian besar harga bergerak, pasar melonjak 52 poin selama dua jam ke depan untuk menyelesaikan kenaikan tajam.

Sektor energi adalah satu-satunya sektor yang tidak terangkat pada akhir hari, mempertahankan awal yang buruk yang datang di belakang penurunan harga-harga komoditas.

“Sektor energi berkinerja buruk menyusul jatuhnya harga minyak global,” kata analis pasar Commsec, James Tao.

“Harga minyak mentah turun – 2-3 persen karena berkurangnya kekhawatiran gangguan pasokan. Oil Search adalah salah satu yang terburuk karena turun 1,8 persen.”

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia beragam dengan Commonwealth Bank naik 0,56 persen, ANZ turun 0,11 persen, National Australia Bank tidak berubah dan Westpac Bank naik 0,20 persen.

Saham-saham pertambangan juga bervariasi dengan Rio Tinto turun 0,08 persen, Fortescue Metals turun 0,57 persen dan penambang emas Newcrest turun 0,55 persen, namun BHP naik 0,76 persen.

Saham-saham minyak dan gas merosot dengan Oil Search turun 1,78 persen, Santos turun 0,65 persen dan Woodside Petroleum turun 0,56 persen.

Super market terbesar Australia terangkat dengan Coles naik 1,10 persen dan Woolworths naik 0,83 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra menguat 0,86 persen, perusahaan penerbangan nasional Qantas melonjak 2,39 persen dan perusahaan biomedis CSL meningkat 2,02 persen.
Baca juga: Saham Australia dibuka hampir datar

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © – 2019





Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini