PAN Tunggu Keseriusan Demokrat Bentuk Poros Ketiga

0
4

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi. Medcom.id/Ilham Wibowo.
Jakarta: Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi menyebut keinginan menghadirkan poros ketiga di Pemilu 2019 belum berakhir. Keinginan itu akan terwujud bila Partai Demokrat serius.

“Kalau untuk tiga pasangan calon masih memungkinkan. Tergantung keseriusan dari Partai Demokrat,” ujar Yoga dalam diskusi di Gado Gado Boplo, Jakarta, Sabtu, 5 Mei 2018.
Peluang poros ketiga masih terbuka lantaran Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) belum resmi memilih koalisi partai politik. Yoga optimistis keseriusan Partai Demokrat membuahkan daya tawar tinggi dalam koalisi.
“Ini sangat dinamis, potensi itu meskipun ada peluang, tetapi lubangnya masih sempit karena dinamika politik,” kata dia.
Tiga partai sudah cukup untuk mengusung calon presiden dan wakil presiden alternatif. Sesuai Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, ambang batas presiden ditentukan oleh 20 persen atau 112 kursi di DPR RI.
“Karena kalau asumsinya, Gerindra-PKS 20,17 persen; kemudian PAN, PKB dan Demokrat 27,85 persen, jadi masih memenuhi,” kata Waketum PAN itu.
Waktu untuk mewujudkan poros ketiga pun masih menunggu momentum yang tepat. Apalagi, sebagian besar parpol masih fokus menjaga hubungan di tingkat daerah karena pilkada.
“Sangat ditentukan oleh bagaimana proses politik yang terjadi pada saat ini sampai tanggal 10 Agustus 2018, batas akhir pencalonan Capres-Cawapres ke KPU,” pungkasnya. (DRI)
Sumber




- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini