Pajak sedan tinggi, Mazda 3 hatchback lebih diunggulkan gaet pembeli

0
26


Jakarta (Terkini.com) – PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) akan merilis All New Mazda 3 pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), 18-28 Juli 2019, dengan langsung memperkenalkan dua model yakni sedan dan hatchback.

Kendati dua model itu akan menyasar pasar konsumen kelas menengah, Presiden Direktur PT EMI Roy Arman Arfandy, meyakini bahwa model hatchback akan lebih diminati ketimbang sedan. Alasannya, pajak sedan yang mahal di Indonesia.

“Sedan akan terpengaruh dengan pajak, tentunya itu akan membuat konsumen akan berpikir ke sana,” kata Roy Arman Arfandy kepada pewarta di sela-sela test drive Mazda 3 pada 8-9 Juli 2019 di Jakarta.

“Kalau saya lihat, kemungkinan yang mendominasi adalah hatchback. Tapi semua tergantung selera. Saya pribadi merasa agak muda, merasa hatchback yang akan mendominasi,” tambah Roy.

Meskipun mengusung nama yang sama yakni All New Mazda 3, namun keduanya model menyasar pasar yang berbeda. Tipe sedan untuk kalangan yang lebih dewasa, sedangkan hatchback untuk kawula muda yang mendambakan kendaraan sporty.

Roy mengatakan bahwa kedua model itu secara gabungan akan ditarget laku sebanyak 40-50 unit per bulan setelah diresmikan di GIIAS 2019. Ia juga optimistis pasar sedan — termasuk All New Mazda 3 sedan — akan stabil apabila pemerintah merampungkan harmonisasi pajak.

Roy memprediksi komposisi penjualan Mazda 3 hatchback dan sedan adalah dua unit banding satu (2:1), berbeda dengan model Mazda 6 yang didominasi model sedan.

“Mazda 6 itu ada sedan dan hatchback, komposisinya 1 berbanding 2. Tapi kalau yang ini (Mazda 3) mungkin sebaliknya. Hatchback lebih banyak, mungkin 2:1 Terkini.com hatchback dan sedan,” kata dia.

All New Mazda 3 akan menjadi lawan baru bagi Honda Civic sedan dan hatchback. Model itu juga bisa menyaingi Toyota Altis dan Volkswagen Golf.

Roy masih bungkam ketika ditanya soal harga, namun memperkirakan tidak akan melebihi Rp500 juta.

“Tulang punggung kami masih CX5 dan Mazda 2, harapan saya Mazda 3 peminatnya banyak dan akan menjadi backbone ketiga setelah dua model itu,” kata Roy.

“(Harga) tunggu dulu deh. Nanti tidak akan surprise di GIIAS,” kata Roy.

Baca juga: Cicip Mazda 3 sedan-hatchback sebelum diluncurkan, bagaimana rasanya?

Baca juga: Siap-siap, All New Mazda 3 bakal debut di GIIAS 2019

Baca juga: Mazda 3 digadang-gadang jadi andalan ketiga penjualan di Indonesia

Pewarta: A069
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © Terkini.com 2019



Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini