Oven pintar berisiko menyala tanpa diketahui lewat aplikasi – Tekno Terkini

0
4


Jakarta (-) – Perangkat oven listrik pintar bermerek June berisiko menyala tanpa diketahui sang pemilik melalui aplikasi yang terhubung ke ponsel pintar meskipun pemilik oven tidak berniat menggunakan perangkat itu.

Seorang pengguna June, seperti dilaporkan The Verge, dikutip Kamis, tidak sengaja menyalakan perangkat tersebut dan menyala semalaman hingga mencapai suhu 400 derajat Fahreheit, atau setara dengan 204 derajat Celsius.

Sang pemilik yang tidak diketahui namanya itu tidak sadar oven June menyala sekitar pukul 2.30 dini hari. Dia baru menyadarinya setelah terbangun empat jam kemudian dan oven sudah panas 400 derajat Fahrenheit.

Semalam sebelumnya, istri pemilik oven membuat kue pai pada pukul 23.30 dan mematikan perangkat setelah selesai.

Kejadian serupa pernah terjadi pada beberapa bulan sebelumnya, seorang pengguna memanggang kentang pada sekitar pukul 17.00 dan membiarkannya dingin di dalam oven. Sayangnya, dia lupa mengambil makanannya.

Baca juga: Lemari es pun kini dilengkapi perangkat Wi-Fi

Keesokan pagi, dia melihat oven menyala sejak pukul 1.20 dini hari. Oven menyala selama 4,5 jam dan memanggang kentang sampai gosong pada suhu 425 derajat Fahrenheit.

Seorang pengguna lain mendapati ponselnya menyala pukul 6.30 dan muncul peringatan oven sudah dipanaskan sampai 400 derajat dan siap digunakan untuk memasak.

Dia lalu mencabut kabel oven setiap malam karena mendengar laporan orang lain yang juga mendapati oven tiba-tiba menyala pada tengah malam.

Oven June pertama kali meluncur pada 2015 dengan kamera dan teknologi computer vision untuk melihat makanan yang berada di dalam oven. Seperti perangkat pintar pada umumnya, oven June tersambung ke aplikasi di ponsel sehingga pengguna bisa mengoperasikannya dari jauh.

Baca juga: Berminat punya smart home? Begini cara jaga keamanannya

Pengguna bisa mengatur suhu dan mode masak yang diinginkan, bahkan melihat secara live stream makanan yang sedang dipanggang di dalam oven.

CEO June, Matt Van Horn, menyatakan kasus tersebut merupakan kesalahan pengguna karena pada beberapa kasus temuan mereka, pengguna tidak sengaja menyalakan oven melalui ponsel.

“Contohnya, sedang buka aplikasi June dan melihat-lihat resep, lalu tidak sengaja (pengguna) mengetuk sesuatu untuk memanaskan oven. Kami melihat ada beberapa kasus seperti itu,” kata dia.

Van Horn mengatakan tim June akan membuat pembaruan pada September agar pengguna tidak bisa menyalakan oven lewat aplikasi. June juga sedang mengembangkan cara agar oven tidak bisa menyala jika tida terdeteksi ada makanan di dalamnya.

Baca juga: Perangkat rumah pintar juga bisa kena malware

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © – 2019





Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini