OJK Luncurkan e-Learning Keuangan untuk Siswa SD-SMP

0
11



Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan modul e-learning buku literasi keuangan untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Melalui modul ini diharapkan para siswa bisa lebih mudah memahami produk dan jasa dari lembaga keuangan.

Deputi Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Tirta Segara mengatakan, e-learning akan mempermudah siswa mengenal lembaga keuangan. Nantinya diharapkan mereka juga bisa berminat untuk menggunakan produk dan jasa yang dimiliki industri keuangan.



“Ini adalah sebagai salah satu upaya peningkatan literasi keuangan pemuda, pelajar-pelajar dan juga untuk mempersiapkan generasi terbaik,” kata Tirta dalam peluncuran di Gedung Radius Prawiro, Kompleks Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin, 21 Mei 2018.

Dirinya menambahkan, modul e-learning disiapkan menggunakan media yang menarik sehingga akan meningkatkan keinginan siswa. Tak hanya dalam bentuk pelajaran, peningkatan pemahaman mengenai keuangan juga dilakukan dengan permainan-permainan yang menarik.

“Bahwa pendidikan mengenai literasi keuangan ini perlu dilakukan sejak dini. Namun demikian untuk menarik anak-anak yang masih sangat muda untuk mau belajar soal literasi keuangan, soal produk-produk keuangan, kita harus menyediakan pada mereka buku yang menarik,” jelas dia.

Adapun materi literasi keuangan dalam e-learning ini terdiri dari sembilan modul yakni pengenalan OJK, industri perbankan, industri pasar modal modul ekonomi syariah dan modul perpajakan. Selain itu ada empat modul industri keuangan non bank seperti perusahaan asuransi, dana pensiun, perusahaan pembiayaan.

“Modul perpajakan ini adalah modul baru, kita mau mengenalkan pajak sejak usia dini kepada pelajar. Jadi akan dijelaskan modul itu siapa yang bayar pajak, uangnya untuk bangun jembatan, jalan, rumah sakit dan apa gunanya pajak,” pungkasnya.

(AHL)





Sumber

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini