Nurul Ghufron, Dekan Jadi Capim KPK yang Dicecar Soal LHKPN – Nasional Terkini

0
10



Terkini.com – Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember Nurul Ghufron lolos menjadi 10 besar Calon Pimpinan (Capim) KPK. Pria kelahiran Madura, 22 September 1974 ini merupakan Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember yang sudah menjabat selama 2 periode. Ia adalah lulusan Universitas Padjajaran (Unpad), Bandung.

Ia sering menjadi saksi ahli hukum di persidangan dan memiliki pengalaman sebagai pengacara.

“Kebetulan saya juga memiliki pengalaman dan pendidikan di bidang pemberantasan korupsi. Saya juga bagian dari civitas akademika Unej yang punya kesempatan yang sama dengan dosen-dosen lain,” ujarnya.

Tidak hanya menjadi Capim KPK, ia juga menjadi calon Rektor Universitas Jember (Unej) Jawa Timur pada waktu hampir bersamaan, sesuai dengan yang tertera di dokumen Bakal Calon Rektor (Bacarek) yang diumumkan Panitia Penjaringan Pilrek Unej. Menurutnya, ini adalah hal biasa.

“Sebagai kader bangsa, saya punya kesempatan yang sama untuk memenuhi syarat tersebut. Ini adalah hal yang biasa, toh sama-sama masih dalam tahap pencalonan semua,” ujar Ghufron saat dikonfirmasi di kampus Unej.

Saat uji publik, ia ditanya mengenai kelalaian menyerahkan LHKPN, penggunaan fasilitas dinas untuk keperluan pribadi dan plagiarisme. Mengenai LHKPN, ia menyatakan ada kendala karena anak pertamanya sudah dewasa sehingga ada kendala surat kuasa untuk rekening anaknya.

Sedangkan masalah fasilitas dinas, ia berkata tidak pernah menggunakan fasilitas dinas untuk keperluan pribadi.

“Fasilitas dinas yang diberikan oleh negara kepada kami sebagai dekan adalah mobil dinas Toyota, kebetulan mobil dinas kami itu yang saya pakai Senin sampai Sabtu, karena hari Sabtu ada pascasarjana. Seluruhnya kami menggunakan mobil pribadi, saya sendiri punya mobil pribadi, istri saya punya mobil pribadi karena kami sama-sama dosen,” jawabnya.

Untuk plagiarisme, ia menegaskan tidak pernah melakukannya. “Tidak pernah sampai sekarang tidak ada,” ucapnya. [eko]





Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini