NATO Siap Sambut Makedonia Utara Sebagai Anggota ke-30

0
13



NATO siap menyambut Makedonia Utara sebagai anggota ke-30, setelah negara itu mengakhiri sengketa yang telah berlangsung puluhan tahun dengan Yunani, kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, Senin (3/6).

Stoltenberg mengungkapkan hal itu setelah pertemuan dengan para pemimpin tertinggi negara itu di Ibu Kota Skopje pada hari terakhir lawatan dua harinya yang didampingi 29 anggota dewan pengambil keputusan aliansi itu, Dewan Atlantik Utara.

Pada Februari, Skopje menandatangani sebuah protokol yang menjadikan mantan republik Yugoslavia itu anggota ke-30 NATO, jika langkah itu diratifikasi seluruh 29 anggota aliansi itu.

Penandatanganan itu dimungkinkan setelah Skopje dan Atena menyelesaikan pertikaian mereka melalui kompromi yang mengubah nama Makedonia menjadi Republik Makedonia Utara, sehingga menghapus kekhawatiran Yunani akan munculnya klaim terhadap wilayahnya yang juga dinamakan Makedonia.

Empat belas anggota NATO telah meratifikasi Protokol Akuisisi Makedonia Utara. Makedonia akan secara resmi menjadi anggota segera setelah 15 anggota lainnya ikut meratifikasi protokol tersebut. [ab]



Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini