Menteri BUMN Pastikan Ketersediaan BBM saat Lebaran

0
10
Jakarta: Demi memastikan kelancaran mudik Lebaran 2018, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno meninjau langsung kesiapan sarana dan prasarana Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Semarang Group, milik PT Pertamina (Persero) di Semarang, Jawa Tengah. Langkah ini dalam rangka memastikan ketersediaan BBM.
TBBM Semarang Group merupakan salah satu urat nadi penyuplai kebutuhan BBM di beberapa wilayah Jawa Tengah, seperti Kendal, Batang, Pekalongan, Semarang, Karimun Jawa, Demak, Kudus, Jepara, Pati, Grobogan dan Blora.
Untuk mengamankan pasokan BBM saat mudik Lebaran, Terminal BBM Pengapon menyiagakan 145 truk tanki BBM dengan total kapasitas 3.280 kiloliter (kl) serta ditambah dengan empat unit Mobile Dispenser yaitu truk tangki BBM yang dilengkapi dengan dispenser sehingga bisa langsung mengisikan BBM ke kendaraan.
Dalam kesempatan itu, Rini mengatakan, pemerintah terus mendorong dan memastikan seluruh sarana dan prasarana pendukung pendistribusian BBM selama Ramadan dan Idulfitri 2018 agar dapat beroperasi maksimal demi kenyamanan dan kelancaran pemudik
“Terima kasih kepada Pertamina, dan kami akan terus memantau dan memastikan bahwa masyarakat dan pemudik dapat terlayani dengan baik,” ungkap Rini, di sela-sela kunjungannya ke TBBM Semarang Group, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, yang diterima di Jakarta, Sabtu, 2 Juni 2018.
Dalam kesempatan yang sama, Plt Direktur Utama Pertamina Nicke Widyastuti mengatakan, salah satu tantangan dalam pendistribusian BBM di wilayah Jawa Tengah adalah peningkatan konsumsi BBM serta potensi kemacetan yang diproyeksikan terjadi di Exit Tol Gandulan–Pemalang, Krapyak-Semarang, serta Ngasem-Kartosuro.
Jika secara nasional konsumsi BBM diproyeksikan mengalami puncaknya pada 9 Juni 2018, maka puncak konsumsi BBM di wilayah Jawa Tengah khususnya Semarang dan sekitarnya diprediksi terjadi pada 14-16 Juni 2018.
Berdasarkan data tahunan, pola konsumsi BBM masyarakat yang sudah tiba di kampung halamannya akan meningkat pada satu hari sebelum Lebaran hingga hari Lebaran kedua. Konsumsi tertinggi di wilayah Semarang dan sekitarnya diprediksi mencapi 6.522 kiloliter atau naik 34 persen dari konsumsi harian.
“Pertamina siap melayani masyarakat dan kami pastikan bahwa masyarakat dan pemudik tidak mengalami kelangkaan BBM selama Ramadan dan Idulfitri,” pungkas Nicke.(ABD/MM)
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini