Menkopolhukam Gelar Rapat Khusus Penanggulangan Tero

0
9



Jakarta: Menkopolhukam Wiranto gelar rapat kordinasi khusus tingkat menteri terkait penanggulangan terorisme. Diharapkan peran semua lini akan lebih baik menanggulangi terorisme.

“Kita melihat dari sisi ideologi bagaimana angle politik, bagaimana sosial budaya, bagaimana dari sisi agama. Ini kan butuhnya kerja sama koordinasi dari seluruh kementerian dan lembaga yang ada di republik ini,” kata Wiranto seusai kata Wiranto seusai melakukan Rakorsus antarmenteri dalam penanggulangan terorisme, di Gedung Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Jumat, 18 Mei 2018.



Peran setiap lini sangat dibutuhkan dalam menangani terorisme. Sebab terorisme tidak terjadi secara instan, namun berproses dan masuk ke setiap celah kehidupan berbangsa.

“Terorisme prosesnya panjang, dari mulai pengkaderan, perekrutan, pelatihan maka kegiatan mereka sudah mencakup ke seluruh kehidupan masyarakat kita. Nah untuk menanggulangi itu tentu tidak boleh aparat kepolisian tetapi harus melibatkan komponen bangsa,” ucap Wiranto.

Baca: Revisi UU Terorisme Dituding Mandek di Kemenkumham

Terlebih menjelang banyaknya agenda penting negara dalam waktu dekat seperti Asian Games dan Pilkada serentak 2018. Rakorsus digelar untuk mengantisipasi terorisme jelang agenda-agenda penting itu.

“Kita tahu sebentar lagi kita punya event nasional yang penting dan itu harus kita amankan bersama,” ucap Wiranto

Ia mengimbau masyarakat turut berperan aktif, salah satunya agar tidak saling menyalahkan antarsesama warga. Baik di dunia maya atau kehidupan keseharian. “Jangan menyalahkan temen kita, aparat kita, tapi harus kita bantu kalau ada yg tidak beres tidak benar ayo kita ingatkan kita bantu agar semuanya menjadi baik, menjadi sempurna.” terang Wiranto.

Dalam Rakorsus itu Wiranto mengundang sejumlah menteri dan pejabat terkait. Ia berdalih Rakorsus dilakukan untuk lebih mengordinasikan dan memokuskan totalitas penanggulangan Terorisme.

Menteri dan pejabat yang hadir di antaranya Kapolri Tito Karnavian, Menteri Kominfo Rudiantara, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Mensos Idrus Marham, Menkumham Yasonna Laoly.

Rapat juga dihadiri Direktur Jenderal Otonomi Daerah, Kemendagri Soni Sumarsono, Kepala BNPT Suhardi Alius, Mantan Danjen Kopassus Doni Monardo, Menhan Ryamizard Ryacudu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Jaksa Agung HM Prasetyo.

(YDH)





Sumber

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini