Mencoba Sensing, fitur keamanan di Honda Accord – Otomotif Terkini

0
9


Jakarta (-) – All New Honda Accord memililki fitur keamanan terbaru, bernama Sensing, yang saat ini hanya tersedia ekslusif di tipe mobil tersebut.

“Honda Sensing ini merupakan pendukung keamanan,” kata Assistant Large Project Leader Honda Accord, Honda R&D, Masao Nakano, saat paparan di Karawang, Jawa Barat, Selasa (23/7).

Honda Sensing merupakan kombinasi dari radar dan kamera untuk mendukung keamanan saat berkendara dengan All New Accord. Fitur ini dapat digunakan untuk menghindari dan mengurangi potensi kecelakaan saat berkendara.

Sistem Honda Sensing ini terdiri dari Collision Mitigation Brake System (CMBS), Road Departure Mitigation System (RDM), Lane Keeping Assist System (LKAS), Adaptive Cruise Control (ACC) dan Auto-High Beam.

Dalam salah satu sesi test drive di sirkuit Bridgestone, media diberi kesempatan untuk mencoba sejumlah fitur Honda Sensing, – lain RDM, CMBS, LKAS dan ACC.

Fitur-fitur tersebut dapat diaktifkan atau dimatikan dengan menekan tombol-tombol di sekitar kemudi.

Baca juga: Daftar mobil baru GIIAS 2019: Toyota Supra, Nissan Xtrail hingga Jimny

Mode ACC akan mendeteksi kendaraan yang berada sejajar di depan mobil Honda Accord.

Ketika kendaraan di depan kita berhenti, mobil secara otomatis akan berhenti meski pun pengemudi tidak menginjak rem.

Ketika mobil di depan kembali berjalan, tekan tombol RES (resume), mobil secara otomatis akan berjalan. Pengemudi hanya perlu sedikit menginjak gas saat pertama melaju, setelah itu bisa dilepas.

 

Honda Accord di GIIAS 2019 (- News/Alviansyah P)

RDM berfungsi untuk memberi tahu pengemudi ketika mobil melewati garis marka jalan. Saat mobil melewati marka jalan, akan muncul notifikasi di dekat speedometer. Sementara LKAS akan menjaga mobil tetap berada di tengah garis marka jalan.

Baca juga: Honda Brio RS tulang punggung penjualan HPM awal semester

Fitur CMBS akan aktif dengan sendirinya ketika mobil menyala, ia akan mendeteksi objek yang berada di depan mobil setelah mobil melaju minimum 5 kilometer per jam.

Ketika Honda Accord mendeteksi objek dalam radius tertentu, mobil secara otomatis akan mengerem. Sensasi yang diberikan dalam mode CMBS ini mirip ketika mengerem mendadak, penumpang akan tersentak ke depan.

Jarak berhenti – mobil Accord dan objek di depannya dapat berbeda-beda karena dipengaruhi variabel jarak dan kecepatan.

Honda mengingatkan Sensing merupakan sistem keamanan pendukung, namun, pengemudi tetap menjadi pemegang kendali penuh ketika sedang berkendara.

Tidak disarankan untuk sepenuhnya menggantungkan keamanan berkendara pada sistem Sensing.

Baca juga: Alasan Honda Accord hybrid belum masuk Indonesia

Baca juga: Uji gaya mengemudi Anda lewat Honda Sensing di GIIAS 2019

Baca juga: All New Accord seharga Rp698 juta diluncurkan dalam GIIAS 2019

Pewarta: N012
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © – 2019



Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini