Marinir TNI AL & US Marine Gelar Latihan Bersama di Sidoarjo

0
7



Merdeka.com – Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika Serikat menggelar latihan bersama di Bhumi Marinir Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur. Hal ini dalam rangka mempererat kerja sama di antara kedua institusi militer kedua negara yang dikenal dengan nama Marines Brotherhood atau persaudaraan antar-Marinir.

Latihan bersama yang bertajuk Subject Matter Expert Exchange (SMEE) Neo dan R2P2 2019 tersebut secara resmi dibuka oleh Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, yang diwakili Komandan Brigif 2 Marinir Kolonel Marinir Agus Gunawan Wibisono.

Dalam amanatnya yang dibacakan Komandan Brigif 2 Marinir, Komandan Korps Marinir mengatakan, kerja sama bidang pertahanan antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Amerika Serikat telah berjalan cukup lama dari waktu ke waktu.

“Dimana salah satu bentuk kerjasama tersebut yaitu penyelenggaraan latihan bersama antara TNI AL, dalam hal ini Korps Marinir Indonesia dengan United States Marine Corps/United States Marine Pacific (US MARFORPAC),” katanya

Kepada delegasi USMC, orang nomor satu di Korps Marinir itu menyampaikan ucapan selamat datang di Indonesia khususnya di Kesatrian Marinir R.Suhadi Gedangan, Sidoarjo yang merupakan basis para petarung jajaran Pasmar 2 Korps Marinir Indonesia.

“Selamat berlatih, semoga bukan saja menambah peningkatan kemampuan dan keahlian, namun akan lebih memahami Indonesia khususnya Korps Marinir TNI AL sehingga dapat menjadikan hubungan yang lebih harmonis dan persaudaraan (Marines Brotherhood) serta menjadi kenangan yang sangat berharga,” katanya.

Dankormar juga berharap dengan dilaksanakannya latihan bersama, akan terwujudnya pemahaman dalam melaksanakan NEO serta terwujudnya pemahaman dalam mengaplikasikan R2P2 dalam Operasi Militer termasuk dalam NEO.

“Kemudian mekanisme latihan sesuai dengan rencana pengamanan latihan yang berlaku dan menciptakan hubungan personal atau silaturahmi antara sesama Marinir guna mewujudkan ‘Marines Brotherhood’,” katanya.

Sementara itu, Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo selaku Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) mengatakan latihan bersama tersebut akan berlangsung hingga 17 Juni 2019 di Mako Yonif 3 Marinir dengan peserta latihan sejumlah 40 orang, dengan rincian 28 prajurit Korps Marinir TNI AL, 3 prajurit USMC, 4 orang Narasumber dari Kemenlu dan BPBD/SAR dan 5 orang Observer dari Mabesal dan Kormar. [ian]





Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini