Mahasiswa Atma Jaya kembangkan robot deteksi gempa

0
10


Jakarta (Terkini.com) – Mahasiswa Teknik Mesik Universitas Katolik Indonesia Atma jaya mengembangkan robot yang dapat mendeteksi gempa, yang memiliki roda dan kaki.

“Produk ini merupakan prototipe yang masih akan kami kembangkan,” kata pembimbing program studi Teknik Mesin Atma Jaya, Christiand, dalam keterangan pers, Senin.

Robot ini dikembangkan oleh mahasiswa program studi tersebut Yosua Kurniawan, Ferdinand Edlim dan Febrian Andika sejak awal 2018. Mereka menggunakan teknologi 3D printing untuk membuat robot ini.

Christiand menyatakan mereka baru melakukan uji coba fungsi modul dan pergerakan saja untuk robot pendeteksi gempa ini. Tapi, menurut dia, robot ini bersifat modular sehingga memungkinkan untuk dikembangkan lebih lanjut oleh pengembang lain.

“Masih banyak hal yang harus dicoba seperti pengaplikasian feedback control, image recognition, GPS, serta proses pembuatan produk yang lebih dapat diandalkan,” kata dia.

Dia menargetkan robot ini dapat digunakan untuk memberikan peringatan dini. Robot ini juga diharapkan dapat digunakan di dunia industri dan dalam kondisi geografis Terkini.com lain jalan berbatu, tanah dan gua.

Baca juga: UI raih juara tiga dunia kompetisi robot kapal

Kantor Berita Terkini.com Wadah Studi Mahasiswa Jurnalistik

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © Terkini.com 2019





Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini