MA Korsel Perintahkan Sidang Ulang Mantan Presiden Park – Internasional Terkini

0
6



Mahkamah Agung Korea Selatan memerintahkan pengadilan yang lebih rendah untuk mempertimbangkan kembali salah satu gugatan kriminal terhadap mantan presiden Park Geun-hye, yang terpaksa meninggalkan jabatannya karena skandal korupsi.

Park yang berusia 67 tahun, tahun lalu, divonis bersalah telah menyalahgunakan kekuasaan, mengintimidasi dan melakukan penyuapan.Ia kemudian dijatuhi hukuman 24 tahun penjara, yang diperpanjang satu tahun oleh pengadilan banding. Namun Mahkamah Agung, Kamis, memutuskan bahwa mantan presiden itu harus diadili secara terpisah dalam kasus penyuapan.

Park dituduh berkolusi dengan teman dekatnya, Choi Soon-sil, untuk memaksa sejumlah konglomerat besar Korea Selatan, termasuk pemilik Samsung, untuk menyumbang jutaan dolar ke dua organisasi nirlaba yang dikelola Choi.

Mahkamah Agung juga memerintahkan pengadilan banding untuk mempertimbangkan kembali vonis hukuman 2,5 tahun penjara yang ditangguhkan kepada Lee Jae-yong. Lee, wakil direktur sekaligus putra pendiri Samsung Electronics, divonis bersalah pada 2017 atas tuduhan penyuapan, dan penggelapan dana. Ia pada awalnya dijatuhi hukuman lima tahun penjara. Jaksa menuduh Lee menyuap Choi sebagai bagian dari rencananya mengganntikan ayahnya sebagai pemimpin perusahaan itu.

Choi Soon-sil divonis bersalah atas tuduhan penyuapan tahun lalu, dan kini sedang menjalani masa hukuman 20 tahun penjara. Mahkamah Agung juga meminta vonis yang dijatuhkan kepada Choi dievaluasi ulang oleh pengadilan lebih rendah. [ab/uh]



Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini