Legislator Soroti Kualitas Beras Impor

0
7



Wakil Ketua Komisi VI DPR Dito Ganinduto. (Foto: Dok. DPR)


Jakarta: Wakil Ketua Komisi VI DPR Dito Ganinduto mengimbau Perum Bulog dan PTPN untuk memastikan harga pangan tidak terlalu mahal agar mudah terjangkau masyarakat selama bulan Ramadan. 

Dia menekankan saat ini yang terpenting adalah harga beras ke konsumen bagus. Begitu juga harga dari petani ke produsen bagus. 



“Sehingga pendapatan petani bisa tumbuh dengan baik. Dengan kata lain, kita tidak hanya ingin harga ke konsumen atau masyarakat murah tapi malah memberatkan petani, tidak demikian. Kami ingin harga ke masyarakat murah, dan petani pun mendapat harga yang bagus,” ujar Dito, melalui keterangan tertulis, Selasa, 22 Mei 2018.

Ungkapan tersebut, lanjut Dito, menyusul keputusan pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali mengimpor 500 ribu ton beras. Walau pun pada kesempatan yang sama dijelaskan Kepala Perum Bulog Budi Waseso bahwa ketahanan pangan bangsa kita saat ini terbilang cukup. Bahkan, Bulog juga sempat mengungkapkan akan memberikan cadangan beras pemerintah.

“Tadi kami sudah mempertanyakan mengenai cadangan. Cadangan itu mudah-mudahan sudah real time, sehingga tidak ada perbedaan data antara Kementerian Pertanian (Kementan), Kemendag, maupun Bulog terkait masalah beras,” ujarnya.

Politikus Fraksi Partai Golkar ini juga menyinggung soal kualitas beras impor yang konon bagus, tapi ternyata tidak bisa diserap oleh masyarakat karena terkait selera masyarakat yang berbeda. Untuk itu, ke depan pihaknya akan memanggil Kemendag untuk mencari titik terang terkait permasalahan ini.

“Minggu depan kita akan panggil Kemendag untuk mendapatkan informasi mengenai impor beras ini. Yang penting sekarang pemerintah menjaga harga dari konsumen kita, juga menjaga harga dari produsen agar bagus. Sehingga para petani mendapatkan harga yang bagus pula,” ucapnya.

(ROS)










Sumber

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini