Lebaran, Premium `Aman` di Jawa, Madura, dan Bali

0
8



Illustrasi. ANT/Sigid Kurniawan.


Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan sebanyak 571 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) akan menyediakan premium pada Lebaran 2018 atau setelah revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 tahun 2014 diteken Presiden Joko Widodo.

“SPBU yang akan menyediakan premium kembali sebanyak 571 SPBU di Jamali,” kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Djoko Siswanto di Komplek Parlementer Senayan, Jakarta, Rabu, 23 Mei 2018.



Djoko menjelaskan proses revisi Perpres Nomor 191 tahun 2014 tinggal menunggu tanda tangan presiden saja. Jika aturan itu sudah diteken maka Menteri ESDM akan mengeluarkan Keputusan Menteri sebagai turunan revisi tersebut.  Setelah itu, lanjut Djoko, 571 SPBU itu sudah legal menyalurkan premium di wilayah Jawa, Madura, dan Bali (Jamali).

“Yang 571 ini sudah siap. Begitu ada Perpres turun Kepmen turun sudah Pertamina sudah bisa kirim ke tangki tangki ini. Kita sudah siapkan. Jadi sudah bisa segera,” jelas dia.

Djoko menyebutkan paling tidak minggu ini Perpres tersebut sudah diteken presiden. “Mudah-mudahan minggu-minggu ini diteken,” tutup dia.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menambahkan 571 SPBU yang dikatakan Djoko bukan termasuk dalam daftar 1.900 SPBU yang selama ini tidak menyediakan premium. 

Pertamina telah melakukan sidak dan menemukan 571 SPBU tersebut. SPBU-SPBU itu memang tidak menjual premium. SPBU-SPBU itu memiliki dua tangki pertalite. Jadi Pertamina mewajibkan satu tangki pendam pertalite digunakan sebagai tangki premium.

“Itu yang belum ada premiumnya. jadi bukan termasuk yang 1.900 data BPH Migas itu 571 kita tambah sendiri,” imbuh Nicke.

(SAW)










Sumber

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini