KPU Sampang siapkan gugatan caleg ke MK

0
8


Sampang (ANTARA) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sampang, Jawa Timur kini mulai mempersiapkan gugatan dua orang calon legislatif dari dua partai berbeda ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurut Ketua KPU Sampang Addy Imansyah, kedua caleg yang mengajukan gugatan itu, merupakan caleg dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan caleg dari Partai Gerindra.

“Lokus gugatannya sebenarnya di Kabupaten Bangkalan. Tapi, karena kedua caleg ini masuk daerah pemilihan Madura, maka KPU Sampang perlu juga mempersiapkan,” kata Addy, Sabtu.

Baca juga: KPU Jatim minta KPU Sampang mempersiapkan sengketa pemilu

Ia menjelaskan, gugatan caleg ini, telah teregister di MK pada 1 Juli 2019, tinggal menunggu waktu pelaksanaan sidang.

“Dalam gugatannya, Kabupaten Sampang memang tidak tercantum dan hanya wilayah Bangkalan saja. Tapi, memungkinkan wilayah Sampang masuk dalam materi gugatan untuk persidangan,” kata Addy.

Ia menjelaskan, partai yang menjadi pemohon gugatan hasil perolehan suara pemilu yang digelar 17 April 2019 itu berasal dari PKB dan Partai Gerindra yang kesemua locus perkaranya berada di wilayah Kabupaten Bangkalan.

Selain caleg untuk DPR RI, ada juga caleg DPRD Jatim yang mengajukan hasil perolehan suara pemilu legislatif ke MK.

Menurut Ketua KPU Sampang Addy Imansyah, caleg partai yang mengajukan gugatan itu dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

“Jadi, caleg PKB yang mengajukan gugatan ini dua orang, yakni caleg DPR RI dan caleg DPRD Jawa Timur,” katanya, menjelaskan.

“Tapi yang jelas, kami sudah mempersiapkan segala kebutuhan untuk penyampaian jawaban dalam persidangan nantinya jika Sampang juga termasuk dalam lokus gugatan dari hasil perolehan suara pemilu tersebut,” katanya, menjelaskan.

Baca juga: KPU Sampang tambah dua TPS untuk Pemilu 2019

Baca juga: KPU Sampang gelar pemungutan suara ulang di tiga TPS

MK tolak tuduhan kecurangan pemilu dari pemohon

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2019





Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini