KPU Dinilai tak Lagi Independen

0
12



Gedung KPU di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat. Foto: Medcom.id/M Al Hasan


Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) dinilai tidak lagi independen. KPU dituding telah ditekan partai politik sehingga banyaknya calon kepala daerah yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Harusnya jangan sampai ada calon kepala daerah yang ditangkap karena kasus korupsi. Harusnya kerja KPU ini jelas, tapi sepertinya sudah tidak independen lagi,” kata Direktur Center for Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi dalam diskusi publik ‘Jerat Hukum dalam Pusaran Pilkada’ di Jakarta, Minggu, 3 Juni 2018.



Menurut Uchok, banyaknya calon kepala daerah terjerat kasus korupsi karena kurangnya pertanggungjawaban keuangan saat menjabat sebagai pimpinan di tingkat yang lebih rendah, seperti Bupati.

“Lemahnya pengawasan keuangan di tingkat yang lebih rendah, seperti Kabupaten menjadi salah satu penyebab juga. Apalagi, di antara para calon kepala daerah ada yang sedang terjerat kasus hukum seperti korupsi,” ujar Uchok.

Baca: Yasonna Peringati KPU Agar tak Tabrak UU

Hal senada diungkapkan peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi) Lucius Karus. Menurut dia, Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) kurang bekerja sama dalam menyaring calon kepala daerah.

“Harusnya Pemerintah, KPU dan DPR bersama-sama melakukan penyaringan calon kepala daerah ini. Padahal mereka (calon kepala daerah) yang nantinya akan memimpin rakyat,” imbuh Lucius.

Lucius menuturkan masyarakat juga berpartisipasi dalam memilih kepala daerah. Menurut dia, kepala daerah harus memiliki integritas dan tingkat kepercayaan tinggi dari publik.

Banyak calon kepala daerah yang terjerat dalam kasus korupsi anggaran, beberapa di antaranya terdiri dari calon gubernur dan lainnya bupati. KPK menangkap para calon kepala daerah tersebut jelang pilkada serentak 2018.

(AZF)








Sumber

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini