KPK Dalami Dugaan Korupsi Bupati Buton Selatan terka

0
20



Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih mendalami kaitan antara kasus suap yang menjerat Bupati Buton Selatan, Feisal Hidayat dengan kepentingan Pilkada ayahnya, Sjafei Kahar. Sjafei adalah mantan Bupati Buton Selatan yang maju sebagai calon wakil gubernur Sulawesi Tenggara. 

Ketua KPK, Agus Rahardjo mengatakan dari sejumlah barang bukti berupa uang Rp409 juta ditemukan bersama dengan sejumlah alat peraga kampanye ayahnya. 



“Yang kita temukan memang ada alat-alat peraga dekat dengan uang itu ya, dekat dengan gambar-gambar itu ada, gambar-gambar kampanye,” kata Agus di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat, 25 Mei 2018.

Baca juga: KPK Selisik Keterlibatan Ayah Bupati Buton Selatan

Meski begitu, Agus mengatakan KPK belum mengetahui sumber uang yang digunakan untuk membiayai alat peraga kampanye tersebut. Komisi Antikorupsi itu masih mendalami hal tersebut. 

“Kita belum mengetahui secara pasti detailnya apakah itu pembiayaannya datang dari hasil suap itu atau bukan. Masih didalami,” tandasnya.

Agus juga mengatakan sampai saat ini pihaknya belum bisa memastikan apakah Sjafei akan turut terseret dalam kasus ini. Namun peluang itu masih terbuka. 

“Kalau dalam pemeriksaan berikutnya atau nanti di dalam proses persidamgan ada fakta, ada bukti, itu bisa saja kemudian terjadi tindak lanjut terhadap hal itu,” pungkasnya. 

Baca juga: KPK Tetapkan Bupati Buton Selatan Tersangka Suap

KPK menetapkan Bupati Buton Selatan Agus Feisal Hidayat dan Kontraktor PT Barokah Batauga Mandiri (PT BBM), Tonny Kongres, sebagai tersangka. Keduanya ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap atas sejumlah proyek di Pemkab Buton Selatan.

Dalam kasus ini, Agus diduga telah menerima fee sebesar Rp409 juta karena telah memuluskan sejumlah proyek di Pemkab Buton Selatan. Uang itu diterima Agus dari Tonny selaku penampung suap dari kontraktor.

(HUS)





Sumber

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini