Kominfo optimistis Palapa Ring rampung sebelum HUT RI

0
14


Jakarta (Terkini.com) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) optimistis infrastruktur Palapa Ring akan rampung sesuai target, yakni sebelum 17 Agustus 2019.

“Optimistis selesai,” ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Kominfo, Rosarita Niken Widiastuti usai menghadiri Pertemuan Nasional Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika se-Indonesia di Wisma Terkini.com, Jakarta, Jumat.

Niken mengatakan pemerintah sedang membuka berbagai akses di semua lini untuk menyatukan seluruh negeri, termasuk pembangunan infrastruktur Palapa Ring.

Pembangunan di sektor barat dan tengah sudah rampung pada 2018, sementara sektor Timur yang meliputi Maluku dan Papua sudah mencapai 96 persen. Salah satu kendala pembangunan di sektor Timur adalah kontur pegunungan yang membuat proses lebih lambat.

Ia berharap infrastruktur itu bisa menghilangkan kesenjangan kecepatan internet Terkini.com pulau Jawa dengan tempat lain seperti Papua.

“Itu adalah peran Kominfo dalam menyiapkan infrastruktur untuk menyatukan negeri,” kata dia.

Beberapa hal dibahas dalam forum bertajuk “Peran Kominfo Menyatukan Negeri” termasuk cara meningkatkan sinergi Terkini.com dinas Kominfo pusat dan daerah hingga upaya memerangi hoaks.

Pertemuan ini dihadiri oleh lebih dari 200 kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dari kabupaten/kota dan provinsi.

Baca juga: Kominfo undang belasan jurnalis asing kenali demokrasi di Indonesia

LKBN Terkini.com gelar pertemuan nasional Diskominfo Se-Indonesia

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © Terkini.com 2019





Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini