Ketua RT Keberatan Iuran Zakat Minimal Rp1 Juta

0
4



Jakarta: Ketua RT 7 RW 6, Kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Rudi, keberatan mengumpulkan iuran zakat warganya minimal Rp1 juta. Kebijakan itu datang dari kelurahan setempat melalui surat edaran.

“Kalau minimal Rp1 juta dibebankan kepada ketua RT berat, warga di sini juga rata-rata ekonomi rendah,” kata Rudi saat berbincang dengan Medcom.id, Minggu, 3 Juni 2018.



Menurut Rudi, sulit meyakinkan warga agar mau memberikan iuran zakat sesuai intruksi lurah tersebut. Sebab, kata dia, 400 kepala keluarga yang tercatat di RT 7 RW6 lebih memilih menyalurkan zakat, infak dan sedekah langsung ke pengurus masjid.

“Di RW 7 ini ada banyak musala, warga kalau diminta iuran zakat lagi ya susah karena sudah pada  ngasih ke pengurus musala,” jelas Rudi.

Rudi enggan memaksakan warganya dalam memberikan iuaran zakat yang dibuat pada 24 Mei 2018 itu. Meski menganggap ide tersebut baik, dia tak bisa memaksakan kerelaan warganya saat ditagih.

“Ya saya lapor seadanya saja, warga enggak bisa dipaksa kalau untuk iuran zakat kelurahan, beda dengan zakat fitrah yang memang wajib,” Pungkas Rudi.

Sebelumnya, surat edaran berkop Kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan viral di media soal. Seluruh RT di Cilandak Barat diminta untuk mengumpulkan dana zakat kepada warga minimal Rp1 juta. Sanksi dengan nominal yang sama diberikan bila Ketua RT tak mengembalikan daftar isian map dari Badan Amil Zakat, Infak dan Sedekah (Bazis).

Ketua RT wajib mengumpulkan map tersebut paling lambat pada 25 Juli 2018. Permintaan iuran itu tindak lanjuti intruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 07 Tahun 2018 tentang gerakan amal sosial Ramadhan Tahun 1439 H/2018 M.

Lurah Cilandak Barat Jakarta Selatan Agus Gunawan mengatakan target pengumpulan zakat untuk seluruh Ketua RT di wilayahnya hanya sebatas motivasi. Agus memastikan tak akan ada sanksi jika target tersebut tak tercapai.

“Jadi edaran itu kan supaya kita bisa memberdayakan masyarakat, memotivasi RT untuk mengajak masyarakat berinfak dan bersedekah. Kalau enggak sampai target mau bilang apa, dapatnya segitu,” kata Agus, Sabtu, 2 Juni 2018.

(DEN)





Sumber

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini