Kerja Sama Ekonomi Indonesia-India Terbanyak

0
15



Jakarta: Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi menghasilkan kerja sama dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah sektor ekonomi yang paling banyak perjanjiannya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan hasil pertemuannya dalam sektor ekonomi antara lain terkait daging sapi dan kelapa sawit.



“Kalau di ekonomi (kerja sama) paling banyak, dari kelapa sawit, farmasi, bahan baku farmasi, impor daging, dan mereka juga menawarkan beberapa kerja sama lainnya,” ujarnya di Gedung Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu, 30 Mei 2018.

Ia menuturkan poin kerja sama lainnya adalah di sektor pertahanan yang membahas latihan militer bersama untuk menguatkan pertahanan kedua negara.

“Misalnya di sektor pertahanan bakal ada latihan bersama, angkatan laut dengan ASEAN di Selat Malaka misalnya,” imbuh Darmin.

Lebih lanjut, pihaknya belum dapat memberikan keterangan lebih dalam karena hubungan kerja sama dengan Negeri Bollywood itu masih dalam tahap penjajakan.

“Ya baru menyusun kerja sama bagaimana realisasinya masih belum,” tuturnya.

Presiden Joko Widodo sebelumnya meminta India menurunkan bea masuk produk Indonesia. Permintaan disampaikan saat Jokowi bertemu Perdana Menteri India Narendra Modi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

“Secara khusus saya juga meminta perhatian PM Modi terkait tingginya tarif atas produk kelapa sawit (crude palm oil/CPO) di Indonesia,” kata Jokowi dalam pernyataan pers bersama di Istana Merdeka.

India menaikkan tarif bea masuk dari 7,5 persen menjadi 15 persen tahun lalu. Jokowi juga pernah melobi Modi menurunkan tarif tersebut di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-India di New Delhi, India, beberapa waktu lalu.

Permintaan itu disanggupi Modi pada pertemuan kali ini. “Beliau tadi menyanggupi untuk melihat dari masalah-masalah yang tadi kita sampaikan,” ujar eks gubernur DKI Jakarta itu.

 

(AHL)





Sumber

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini