Keindahan Tapanuli dalam Buku Fotografer Hasihol

0
11



Keindahan di Barus. (Foto: Setpres/ Laily Rachev).


Jakarta: Fotografer senior Hasiholan Siahaan meluncurkan karya terbaru berjudul  ‘Kota Emporium dan Peradaban Nusantara’ bercerita sejarah Kota Barus di Tapanuli Tengah. Karyanya ini dituangkan dalam buku ‘Titik Nol Peradaban Nusantara’.

Buku ini baru saja diluncurkan Sabtu 19 Mei 2018 di Pusat Kebudayaan Prancis di Jalan Wijaya I No. 48, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.



“Buku fotografi yang dibuat oleh saudara Hasilohan Siahaan, yang berjudul Barus ‘Titik Nol Peradaban Nusantara’ begitu luar biasa,” ujar Direktur PT Astra Graphia Tbk Mangara Pangaribuan.

Hasiholan lanjutnya merupakan sosok yang memiliki gairah dan pengamatan luar biasa dalam meneliti. Hingga berhasil berbaur dengan masyarakat di Barus.

“Buku ini telah berbicara dengan sendirinya karena pembaca mengenai kejayaan Barus di abad 15-17 SM, sebagai peradaban yang bukan hanya memiliki kekayaan sumber daya alam melimpah, tetapi menjadi diorama sosial yang heterogen karena pluralitasnya,” ucap Mangara.

Buku ini memiliki dua sudut pandang penulis yang berbeda. Salah satunya dari sudut pandang Barus sebagai poros peradaban nusantara yang banyak dimanfaatkan oleh tokoh-tokoh terkenal saat itu.

“Seperti Ibnu Sina yang memanfaatkan kekayaan alam Barus untuk ilmu kedokterannya,” kata Mangara.

Pun sudut pandang Barus yang kedua yaitu sebagai wilayah dengan peradaban yang plural. Karena menjadikan keunikan untuk refleksi kondisi sosial Indonesia hingga saat ini.

“Saya berharap buku ini menjadi salah satu pegangan untuk mereka yang ingin pembelajaran sejarah namun dengan gaya bahasa yabg mengalun. Ditambah hasil fotogradi yang begitu hidup,” tuturnya.

(JMS)








Sumber

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini