Jumlah pemudik di Kampung Rambutan menurun

0
6


Jakarta (ANTARA) – Kepala Terminal Kampung Rambutan Thofik Winanto mengatakan jumlah pemudik yang meninggalkan Jakarta melalui Terminal Kampung Rambutan pada Lebaran tahun ini turun dibandingkan tahun lalu.

“Untuk perbandingan dari tahun kemarin memang ada penurunan dan keterkaitan dnegan penghitungan sendiri sampai dengan jam 08.00 WIB pagi ini berjumlah 3.600 orang,” ujar Thofik di Jakarta, Senin.

Jumlah pemudik di Terminal Kampung Rambutan pada H-3 Lebaran berjumlah 14.604 orang. Angka ini jauh lebih rendah dibandingkan H-3 Lebaran 2018 yakni sebanyak 15.953 orang.

Thofik mengatakan Lebaran tahun ini didominasi oleh pemudik dengan tujuan Sumatera dengan prosentase hingga 50 persen.

“Peningkatan paling signifikan Sumatera kalau kemaren di angka 15.000 itu semua merata, akan tetapi saat ini lebih banyak ke Sumatera,” ujar dia.

Thofik memprediksikan arus puncak mudik Lebaran 2019 akan terjadi pada tanggal 1, 2 dan 3 Juni.

Jumlah pemudik pada 1 Juni tercatat sebanyak 14.378 orang. Sementara, jumlah pemudik pada tanggal 31 Mei tercatat sebanyak 11.976 orang, dan pada 30 Mei tercatat sebanyak 12.741 orang.

“Tapi kita melihat ini naiknya pelan-pelan, karena hari libur dengan tahun kemarin berbeda,” kata Thofik.

Thofik memperkirakan arus mudik masih akan terjadi pada saat hari H. “Hari H-nya ada juga yang masih melakukan perjalanan setelah sholat Ied, seperti tahun kemarin ada 11 ribu orang,” ujar dia.



Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini