Jokowi Janji Teliti Berkas Kasus Pelanggaran HAM

0
8



Aktivis Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan (JSKK) menggelar aksi kamisan ke-538 di depan Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Antara/Puspa Perwitasari.


Jakarta: Keluarga korban menyerahkan berkas terkait kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM) berat masa lalu kepada Presiden Joko Widodo. Presiden mengaku bakal mencermati dokumen itu.

Hal itu diungkapkan Maria Catarina Sumarsih, ibu dari korban Tragedi Semanggi I dan bagian dari peserta aksi Kamisan yang rutin menggelar aksi di depan Istana Merdeka. Hari ini, peserta aksi diterima Presiden di Istana Merdeka, Jakarta



“Bapak Presiden masih akan mempelajari berkas yang kami sampaikan ke Bapak Presiden, agar kasus pelanggaran HAM berat diselesaikan sesuai dengan visi-misi Jokowi-JK,” kata Sumarsih di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 31Mei 2018.

Jokowi menyerahkan perkembangan hasil dari pencermatan kasus HAM kepada Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. Sumarsih berharap Jokowi bisa segera menindaklanjuti kasus pelanggaran HAM itu.

“‎Harapan kami Bapak Presiden memerintahkan Jaksa Agung (M Prasetyo) untuk berkoordinasi dengan Komnas HAM dalam menyelesaikan ini,” ujar dia.

Baca: Pertemuan Keluarga Korban Pelanggaran HAM dan Jokowi Tertutup

Keluarga korban pelanggaran HAM lainnya, Romo Sandyawan, mengatakan pihaknya menuntut Presiden agar mengakui telah terjadi pelanggaran HAM berat masa lalu. Presiden juga diminta menaikan kasus ini dari penyelidikan ke penyidikan.

“Itu harapan dari keluarga korban. Namun, kami sangat menghargai ikhtiar Bapak Presiden untuk menghantar bangsa ini menjadi bangsa rendah hati dan bermartabat berkat pengakuannya,” ungkap dia.

(OGI)








Sumber

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini