Jenis-Jenis Perawatan Profesional untuk Hilangkan Bekas Luka Membandel – Nasional Terkini

0
6


Ilustrasi filler. ©Shutterstock

Terkini.com – Rasanya hampir setiap orang memiliki satu atau dua bekas luka di tubuhnya, mungkin bahkan lebih. Luka yang cuma meninggalkan bekas samar bisa dirawat dengan salep scar removal (penghilang bekas luka) atau bahan alami seperti rosehip oil. Namun bekas luka yang meninggalkan cekungan di kulit atau jaringan parut jelas perlu perawatan yang lebih intensif.

Perawatan profesional biasanya menjadi solusi untuk bekas luka yang sulit dihilangkan. Jenisnya cukup beragam dengan harga yang bervariasi pula. Berikut ini beberapa di antaranya seperti dilansir Healthline.

1 dari 7 halaman

Laser Resurfacing

Terapi laser merupakan perawatan bekas bekas luka yang paling sering digunakan di dunia medis. Prosedur ini bisa menyamarkan bekas luka dan memudarkan bekas cacar air.

2 dari 7 halaman

Filler

Injeksi filler jaringan lunak berguna untuk menutup cekungan yang disebabkan bekas luka. Filler jaringan lunak yang digunakan untuk tujuan ini biasanya hyaluronic acid (asam hialuronat) atau lemak.

Perawatan ini bersifat temporer. Biasanya hanya bertahan selama enam bulan.

3 dari 7 halaman

Microdermabrasion

Microdermabrasion dilakukan dengan sejenis sikat yang berputar sangat cepat untuk ‘mengampelas’ permukaan kulit. Prosedur ini sangat efektif untuk menghilangkan bekas luka, namun masih lebih ringan daripada dermabrasion yang bisa menghilangkan bekas luka hingga seratus persen.

4 dari 7 halaman

Microneedling

Prosedur ini masih tergolong baru di dunia kecantikan dan medis. Microneedling dilakukan dengan alat sejenis rolling pin yang permukaannya ditempeli jarum-jarum mikro.

Tujuan prosedur ini adalah merangsang produksi kolagen. Dibutuhkan beberapa kali perawatan dalam jangka waktu beberapa bulan untuk mendapatkan hasil.

Microneedling memerlukan anestesi. Pasalnya prosedur ini juga mengakibatkan pendarahan ringan pada kulit.

5 dari 7 halaman

Chemical Peeling

Chemical peeling merupakan teknik untuk menumbuhkan kembali permukaan kulit. Prosedur ini dilakukan dengan mengoleskan bahan aktif di permukaan kulit agar regenerasi sel kulit mati bisa terjadi dalam waktu singkat.

Light peeling bisa dilakukan oleh dokter kulit dalam waktu singkat. Biasanya seminggu sekali, dua minggu sekali, atau sebulan sekali.

Medium peeling juga tak membutuhkan banyak waktu, namun masa pemulihannya bisa mencapai hitungan minggu. Sementara deep chemical peeling akan membutuhkan anestesi dan memakan waktu bulanan untuk sembuh.

6 dari 7 halaman

Excision dan Punch Excision

Scar excision adalah opsi scar removal untuk bekas luka yang benar-benar dalam atau menghilangkan jaringan parut cukup parah. Jika prosedur-prosedur yang sudah disebutkan sebelumnya tak berhasil, dokter akan menyarankan excision.

Prosedur ini melibatkan anestesi dan pengangkatan jaringan parut, kemudian dilanjutkan dengan penjahitan. Walaupun begitu, prosedur ini akan meninggalkan guratan memanjang yang bersifat permanen.

7 dari 7 halaman

Skin Grafting

Skin grafting bisa juga disebut pencangkokan kulit. Biasanya dilakukan untuk pasien yang memiliki bekas luka parah akibat kebakaran, pembedahan, atau kecelakaan. Prosedur ini dilakukan dengan transplantasi kulit sehat dari anggota tubuh lain milik si pasien.

Itulah jenis-jenis perawatan profesional untuk mengatasi bekas luka. [tsr]





Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini