Jalur Pantai Selatan Jadi Alternatif untuk Mudik

0
9



Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) promosikan Jalur Pantai Selatan (Pansela) yang memiliki panjang 1.405 km. Jalur tersebut dapat menjadi alternatif para pemudik tahun 2018, lantaran menyuguhkan banyak destinasi wisata. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan pemudik akan disuguhi pemandangan hamparan sawah, pegunungan dan pantai sekaligus menjadi spot foto yang bagus.



“Kita promosikan supaya orang tertarik lewat selatan, karena tidak hanya jalannya yang bagus namun juga obyek wisatanya,” kata Basuki melalui keterangan tertulis, Jakarta, Minggu, 6 Mei 2018.

Ia menambahkan, untuk obyek wisata Pantai di sepanjang jalur Pansela Jawa Tengah dan Yogyakarta terdapat sekitar 36 pantai di antaranya yang telah terkenal adalah Pantai Congot, Pantai Pandansimo, Pantai Glagah, Pantai Parangtritis dan Pantai Soge. 

“Di ruas Congot-Bugel sepanjang 19,35 km, ada spot favorit untuk berfoto, di Pantai Congot yang memiliki Hutan Mangrove yang sudah ditata,” tutur dia.

Obyek wisata lainnya adalah Pantai Pandansimo, Kwaru, Depok, Bantul berada di ruas Pandansimo – Samas sepanjang 6,28 km, menawarkan daya tarik berbeda dibanding pantai lainnya. Seperti  lokasi outbound dan mercusuar Pandansari yang menunggu dinaiki wisatawan, dengan pemandangan garis pantai selatan dan pegunungan di sisi barat.

Jalu tersebut nantinya akan membentang menyusuri garis tepi Pantai Selatan dari wilayah Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta hingga Jawa Timur.

Saat ini, progres pembangunan jalan tersebut sedang dikebut seperti di Kabupaten Trenggalek sepanjang 78,85 km saat ini sudah aspal 25,50 km, Kabupaten Tulungagung dari 54,97 km sudah beraspal 11,59 km, Kabupaten Blitar dari 64,20 masih kondisi tanah, di Kabupaten Malang dari 137,33 km telah beraspal 101,10 km. 

Di Kabupaten Lumajang dari 65,50 km telah beraspal 39,31 km, Kabupaten Jember dari 83,50 km telah beraspal 11,25 km dan Kabupaten Banyuwangi dari 106,10 km telah beraspal 71,20 km.

“Pembangunan Jalur Pansela dilakukan secara bertahap dan ditargetkan bisa tersambung seluruhnya pada akhir tahun 2019,” tandas dia.

(SCI)





Sumber

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini