Ini Alasannya Sirkuit Nürburgring Jadi Penting untuk Produsen Mobil

0
8



Jakarta – Tiap produsen mobil pasti ingin membuat kendaraan yang punya peforma luar biasa dan juga kenyamanan dan keamanannya. Untuk hal kekuatan, mayoritas dari mereka mengambil area Nürburgring, Jerman demi menunjukkannya. Dari Hyundai sampai Porche melakukan hal tersebut. Bahkan, pabrikan Jepang seperti Honda juga berupaya untuk menaklukkan area legendaris itu.

Lantas apa ya yang membuat Nürburgring menjadi penting bagi produsen mobil? Melansir dari carbuzz, ternyata sirkuit tersebut memiliki kapasitas dan area yang cocok untuk menguji suatu peforma mobil. Tidak hanya mencapai satu lap atau satu titik tertentu, lewat tikungan tajam dan trek lurus yang mumpuni, para produsen otomotif jadi mengetahui secara langsung apa kekurangan mobil-mobil mereka sebelum benar-benar dijual secara masal.

Dalam area itu ada namanya Nordschleife atau Northern Loop yakni trek sepanjang 12,93 mil yang terdiri dari 73 belokan diantaranya 33 ke kiri dan 40 ke kanan. Cukup untuk membuat pengemudi dan mobilnya pusing. Tidak hanya itu, trek itu berada di 1050 kaki di atas permukaan laut sehingga tekanan ke mobil sangat luar biasa. Puncak Nordschleife juga membuat kesan tersendiri dalam pengetesan mobil yakni 2024 kaki di atas permukaan laut. Tanjakannya pun dinilai sangat curam sehingga mesin mobil benar-benar teruji. Tidak ada satu area yang memiliki ragam trek seperti ini.

Ketahanan suspensi juga bisa terlihat dalam pengujian di area Nürburgring. Bagaimana tidak, kelokan yang sangat banyak dan curam sampai permukaan jalan yang berubah dengan cepat membuat ban dan suspensi mendapat tekanan berat. Tidak jarang beberapa mobil yang kurang siap langsung dihembuskan ke off-camber atau batas terluar sirkuit tersebut. Di sana juga tersedia area yang permukaannya berlubang, lengkap.

Trek lurus pada di Nürburgring juga mumpuni sehingga mobil bisa diuji keandalan mesin dan sistem pendinginnya (karena suhu berubah-ubah sepanjang jalurnya). Aerodinamika, koefisien drag, sampai konsumsi bahan bakar juga bisa dilihat secara detil pada trek ini.

Jadi, pengujian di Nürburgring bukan hanya memutari trek balapan saja. Tapi ada aspek yang jauh lebih besar daripada lintasan itu sendiri dan menawarkan lebih banyak kepada pabrikan otomotif untuk menguji kendaraannya dalam satu tempat. Inilah sebabnya mengapa Nürburgring adalah rumah bagi pengembangan otomotif untuk mengembangkan mobil-mobilnya. (ruk/lth)




Sumber

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini