Indeks Harga Perdagangan Besar Mei Naik 0,32%

0
9



BPS (ANT/M Agung Rajasa).


Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) Umum Nonmigas atau indeks harga grosir/agen pada Mei 2018 naik sebesar 0,32 persen terhadap bulan sebelumnya.

“Kenaikan IHPB tertinggi terjadi pada Kelompok Barang Ekspor Nonmigas sebesar 0,82 persen,” kata  Kepala BPS Suhariyanto dalam konferensi pers di kantornya, Jalan Dr Sutomo, Jakarta Pusat, Senin 4 Juni 2018.



Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga pada Mei 2018 antara lain ketela pohon, mangga, alpukat, ayam ras, ayam buras, daging ayam, ikan beku, plastik dan barang dari plastik impor, serta bahan bakar mineral nonmigas ekspor.

Dirinya menambahkan, IHPB Bahan Bangunan/Konstruksi pada Mei 2018 naik sebesar 0,46 persen terhadap bulan sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh naiknya sejumlah bahan bangunan karena meningkatnya pembangunan.

“Antara lain disebabkan oleh kenaikan harga komoditas bak dan tangki, bahan bangunan dari aluminium, pipa dan assesoriesnya, perlengkapan listrik, dan bahan bangunan siap pasang dari kayu,” jelas dia.

Sementara itu, IHPB Umum naik 0,42 persen pada April 2018 terhadap bulan sebelumnya. Kelompok Barang Ekspor merupakan penyumbang andil dominan pada kenaikan IHPB, yaitu sebesar 0,32 persen. Adapun IHPB Kelompok Barang Impor dan Kelompok Barang Ekspor pada April 2018 masing-masing naik sebesar 0,14 persen dan 1,58 persen terhadap bulan sebelumnya.

(SAW)










Sumber

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini